oleh

Viral, Foto Mensos Agus Gumiwang Gendong Balita Korban Gempa Palu

BandungKita.id – Foto yang memperlihatkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita tengah menggendong seorang balita korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah viral di jejaring media sosial, Twitter.

Foto balita korban gempa yang digendong Mensos itu diunggah pertama kali oleh akun Twitter Cheryl Tanzil, seorang presenter dan mantan penyiar TV, Sabtu (29/9/2018).

“Adik kecil yg digendong Mensos ini terlepas dr orang tuanya saat tsunami di Palu. Ia ditemukan warga di saluran air & diobati, lalu diserahkan ke Polda Palu saat Panglima TNI meninjau langsung korban gempa Palu siang ini (29/9/2018). Jika ada yg kenal mohon hubungi Polda Palu,” tulis Cheryl Tanzil pada akun twitternya.

Unggahan Cheryl Tanzil itu pun viral dan mendapat tanggapan dari ribuan netizen hanya dalam waktu kurang dari sehari.

Pantauan BandungKita.id hingga Minggu (30/9/2018) pagi sudah 1.600 retweet (dibagikan ulang) serta ratusan komentar diungkapkan netizen merespon foto tersebut.

“Ya Allah….semoga segera dipertemukan dg orang tuamu, nak….,” tulis akun @Dwiwahyunanti.

“Suka & terenyuh sama foto ini: pemerintah hadir di sana sebagai orang tua yang berperan menjaga & menyayangi anak-anaknya. Sedih membayangkan banyak keluarga yang terpisah, semoga Tuhan menolong kami semua,” tulis akun @igun_18.

“Jadilah kuat anakku, jadilah kuat #PrayForDonggala,” tulis @NDLAP666.

Sebagian besar netizen mengungkapkan keharuan dan doa agar sang anak bisa dipertemukan orangtuanya

Kementerian Sosial pun memberikan penjelasan tertulis terkait viralnya foto tersebut, Minggu (30/9/2018). Dalam siaran pers, Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI menjelaskan foto tersebut benar terjadi saat Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menggendong balita berjenis kelamin laki-laki saat berada di Mapolda Sulteng.

Balita tersebut ditemukan di dalam parit dalam kondisi luka-luka pada kaki dan wajah.

“Kedua orang tuanya belum ditemukan,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendekap balita di dadanya.

Anak itu tampak memejamkan mata sambil mengalungkan tangannya di leher dan pundak sang Menteri.

Agus Gumiwang mengatakan anak-anak adalah satu dari empat kelompok rentan yang harus mendapatkan perlindungan sesaat setelah terjadinya bencana. Tiga lainnya adalah perempuan hamil, penyandang disabilitas, dan lansia. (ZEN/BandungKita.id)

Komentar