oleh

Pemprov Jabar Diminta Bantu Kabupaten Bandung, Begini Kata Dadang Naser

BandungKita.id – Bupati Bandung Dadang M Naser meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk membantu pembangunan danau retensi di Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung tersebut mengatakan, pihaknya telah melakukan pembebasan lahan di kawasan Rancaekek untuk membangun IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal.

“Akan dibangun IPAL dan danau retensi. Tapi kan bukan hanya untuk wilayah Kabupaten Bandung, juga untuk Kabupaten Sumedang, makanya kami meminta supaya pemerintah Provinsi membantu pembangunannya,” tutur Dadang Naser kepada BandungKita.id di Kompleks Pemkab Bandung, Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (5/10/2018).

Selain akan membangun danau retensi di Rancaekek, DN, sapaan akrab Dadang mengungkapkan pihaknya juga berencana membangun tiga embung di tempat lain.

BACA JUGA : Dua Kali Rampok Beraksi di Soreang, Begini Modusnya

“Di Kamojang akan kami bangun danau untuk mengembalikan danau yang pernah hilang. Akan dibangun juga embung di Majalaya dan Soreang,” ungkapnya.

Menurutnya, embung yang akan dibangun di Majalaya dan Soreang tersebut sebagai antisipasi banjir yang pernah melanda di dua kecamatan tersebut.

Beberapa tahun lalu, sebuah banjir besar terjadi di Desa Biru Kecamatan Majalaya yang menyebabkan akses jalan terputus total. Tahun depan, sebuah jalan lingkar akan dibangun di kawasan tersebut.

“Selain jalan lingkar, akan ada juga danaunya,” ucapnya.

Hal yang sama juga akan dilakukan di Desa Cingcin Kecamatan Soreang yang mana beberapa tahun lalu terjadi banjir besar. Embung yang akan dibangun diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya banjir kembali di kawasan tersebut. (LOH/BandungKita.id)

Komentar