oleh

Orangtua Harus Waspada, Obat Batuk Ini Disalahgunakan untuk Mabuk-mabukan oleh Pelajar

BandungKita.id – Para orangtua diimbau untuk waspada. Sebab, saat ini tengah marak di kalangan remaja dan pelajar yang memanfaatkan obat batuk komix untuk mabuk-mabukan.

Mengkonsomsi obat batuk komix ini seolah menjadi tren di kalangan remaja terutama para pelajar yang ingin mabuk-mabukan namun dengan modal yang minim.

Kandungan Dextromethorphane di dalam cairan sirup obat batuk itu memiliki efek halusinasi dan menyebabkan tidak sadarkan diri jika dikonsumsi secara berlebihan, padahal komix merupakan obat legal.

Menurut Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cimahi, Ivan Eka Satya, mabuk obat batuk komix menjadi tren di kalangan anak sekolah yang biasanya dilakukan pada saat jam pulang sekolah.

“Kalau kasusnya kita belum menemukan, tapi memang kandungan dextromethorphane di dalam Komix itu dimanfaatkan anak sekolah untuk mabuk-mabukan,” ujar Ivan saat ditemui di Kantor BNN Kota Cimahi, Rabu (10/10).

Untuk mendapatkan efek mabuk hingga halusinasi dan tak sadarkan diri dari obat batuk itu, para pelakunya biasa mengonsumsi 15 sampai 20 sachet Komix yang diminum secara bersamaan.

“Sebenarnya obat batuk kalau dikonsumsi secara legal itu kan tidak apa-apa ya. Bahayanya karena dextromethorphane itu kan turunan dari opium atau heroin, tapi memang sudah dilemahkan. Kalau tidak mengonsumsi mereka bisa jadi panik,” tuturnya. (SDK)

Komentar