oleh

Beri Contoh Salat Berjamaah Tepat Waktu, Walikota Bandung Langsung Hentikan Rapat Ketika Azan Berkumandang

BandungKita.id – Ada peristiwa menarik yang terjadi di Pemkot Bandung, Senin (15/10/2018) kemarin. Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial tiba-tiba menghentikan rapat yang sedang dipimpinnya ketika ia mendengar azan berkumandang.

Belum genap satu bulan memimpin Kota Bandung, Oded memulai tradisi baru di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Bandung. Oded menginstruksikan kepada seluruh ASN agar ketika mendengar azan berkumandang, segala aktivitas dihentikan sementara untuk melaksanakan salat berjamaah.

Bagi orang nomor satu di Kota Bandung itu, aktivitas rapat bukan menjadi alasan untuk menunda melaksanakan ibadah salat. Sekali pun rapat tersebut merupakan rapat di tingkat pimpinan. Hal itulah yang dilakukan Oded Mohamad Danial kemarin.

Hal ini yang terlihat saat Oded menggelar rapat pimpinan kewilayahan di Pendopo Kota Bandung, Senin (15/10). Saat terdengar adzan Asar, Oded menskors rapat untuk melaksanakan salat berjamaah. Rapat sendiri telah dimulai sejak siang harinya.

Pria yang akrab disapa Mang Oded ini menghentikan sementara rapat yang membahas program Kota Bandung lima tahun ke depan itu.

“Sudah azan (asar), mari kita hentikan dulu rapatnya dan salat berjamaah,” ujar Mang Oded.

Peserta rapat pun kemudian bergegas mengikuti Oded untuk mengambil air wudhu. Namun karena keterbatasan tempat salat berjamaah, para peserta dibagi ke dalam dua kelompok.

Kelompok pertama berjamaah salat di ruang Arab, tidak jauh dari tempat Wali Kota Bandung menerima tamu. Sisanya memilih lokasi di mushala di samping ruang rapat Pendopo.

Bertindak sebagai imam, Camat Bandung Kulon, Dadan Haeri Guratman memimpin jemaah salat Asar di ruang Arab. Sementara Mang Oded termasuk Kang Yana menjadi makmum bersama camat lainnya.

Pada rapim kewilayahan yang baru kedua kali dilaksanakan pada masa Mang Oded-Yana Mulyana ini, Walikota juga menitipkan gerakan Bersatu yang merupakan kependekan dari Gerakan Berjamaah Salat Tepat Waktu (Bersatu) untuk digaungkan di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

Sejak dicanangkan 26 September 2018 lalu, Wali Kota Bandung, Oded terus menerus menyampaikan ajakan kepada seluruh elemen masyarakat.

“Bersatu itu secara harfiah untuk bangun soliditas di antara kita. Mang Oded di tataran Pemkot Bandung dan para camat di tataran kewilayahan. Dan tentu saja secara akronim ini merupakan berjamaah salat tepat waktu untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT,” ungkapnya. (BKI/BandungKita.id)

Komentar