by

Ini 7 Tips Agar Smartphone Kamu Lebih Awet dan Tak Cepat Rusak

BandungKita.id, TEKNOLOGI – Banyak orang yang beranggapan jika smartphone zaman sekarang lebih tidak tahan lama bila dibandingkan smartphone dahulu.

Padahal anggapan ini bukan hal yang benar. Lama atau tidaknya sebuah smartphone ternyata dipengaruhi oleh pemakainya itu sendiri. Agar ponsel pintar kamu awet dan tak cepat rusak, tujuh tips sederhana dari BandungKita.id ini dapat dilakukan. Langsung saja simak, cekidot :

1. Menggunakan Charger Orisinil

Menggunakan charger orisinil bawaan smartphone yang telah teruji sejak dari pabrik dan telah disesuaikan dengan kapasitas baterai smartphone jauh lebih baik bila dibandingkan menggunakan charger tak orisinil.

Bukan hanya itu saja, menggunakan charger orisinil ternyata membuat umur smartphone lebih lama karena sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

2. Sering Lakukan Pengecekan

Hal inilah yang paling sering dilupakan para pengguna smartphone. Padahal melakukan pengecekan fisik secara berkala sangatlah penting agar menghindari smartphone dari kerusakan fatal.

Walaupun begitu, apabila menemui kerusakan atau hal yang tidak normal pada smartphone, kamu bisa membawanya ke Service Center resmi dari brand smartphone yang kamu miliki.

3. Taruh Smartphone di Tempat Benar

Hindarilah meletakan smartphone yang sedang tidak digunakan di tempat yang tidak aman dan tidak benar, seperti menaruhnya di kasur atau di bawah bantal.

Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari bahaya radiasi. Selain itu, meletakan smartphone di kasur atau bawah bantal bisa mendatangkan panas yang berlebih bagi smartphone, sehingga smartphone memiliki kemungkinan besar untuk mengalami kerusakan.

Oleh sebab itulah, simpanlah smartphone di tempat yang tepat seperti nakas atau bisa meja di kamarmu.

4. Pakai Software Resmi

Cobalah hindari menginstal software tidak resmi atau yang belum teruji kualitasnya. Itu karena, hal ini berpotensi membawa masuk virus dan efek negatif bagi sistem smartphone.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya unduhlah software pada toko aplikasi resmi bawaan atau OS yang ada di smartphonemu.

5. Update Software

Supaya terawat secara baik, lakukanlah update sistem operasi dan aplikasi secara teratur. Hal ini bermanfaat agar performa smartphone semakin lebih baik.

Bukan hanya itu saja, sistem operasi terbaru biasanya memberikan solusi terhadap permasalahan pada sistem lama sehingga smartphone dapat berjalan secara lancar tanpa kemungkinan untuk rusak.

6. Bersihkan Secara Berkala

Mengelap layar dan bodi secara berkala dengan kain halus kering dan menghindari pemakaian air saat memberikan smartphone agar tidak menjadi lembab bisa menjadi aktivitas yang kamu lakukan agar smartphone bisa terawat dan lebih tahan lama.

7. Perlakukan Smartphone Layaknya Benda Berharga

Anggaplah smartphonemu sebagai benda berharga yang diperlakukan sebaik-baiknya. Contohnya menghindari menelepon saat hujan dan tidak membawa smartphone ke tempat air terbuka seperti pantai atau kamar mandi.

Selain melakukan hal di atas jangan lupa pilihlah juga smartphone yang memiliki fitur untuk mendukung ketahanan smartphone.(ZEN/BandungKita.id)

Comment