by

Luar Biasa! Ini Dia Rahasia dan Keutamaan Salat Subuh Berjamaah di Masjid

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Shalat subuh merupakan salat yang istimewa dari salat-salat lainnya. Selain ada banyak sekali keutamaan dalam pelaksanaannya, untuk menunaikan salat ini kita harus melawan rasa kantuk yang luar biasa serta bangkit untuk meninggalkan kasur yang empuk dan selimut yang hangat.

Di dalam adzan subuh juga ditambahkan kalimat Assholaatu khairum minan naum yang artinya “Shalat itu lebih baik daripada tidur”.

Ada banyak sekali keutamaan salat Subuh berjamaah, di antaranya adalah berikut yang BandungKita.id rangkum dari berbagai sumber, cekidot :

1. Mendapatkan Pahala Lebih Besar

Setiap umat muslim pasti sudah tau bahwa pahala yang dijanjikan oleh Allah apabila kita melaksanakan salat berjamaah di masjid, tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan melaksanakan salat subuh di rumah. Allah akan memberikan 27 kali lipat pahala kepada hamba–hambanya.

2. Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

Melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah mempunyai peluang besar untuk memperoleh berkah dari Allah SWT. Dikarenakan semua aktivitas yang dilakukan pada saat pagi hari, khususnya aktivitas wajib seperti halnya salat subuh berjamaah telah didoakan Rasulullah SAW untuk semua umatnya yang beriman dan bertakwa agar memperoleh berkah.

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

3. Berada Pada Jaminan Allah SWT

Orang yang menjalankan salat subuh secara sempurna, seperti yang dianjurkan yakni dengan menjalankannya secara berjamaah, maka ia akan mendapatkan jaminan dan juga perlindungan lebih dari Allah SWT.

Dalam haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang melaksanakan salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim)

4. Mendapatkan Ganjaran Salat Malam Semalam Penuh

Dengan menjalankan salat subuh berjamaah, maka kita akan mendapatkan pahala seperti menjalankan salat malam sepanjang malam. Dalam hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dijelaskan :

“Barang siapa yang melakukan salat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat setengah malam. Barang siapa yang melakukan salat subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan salat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim)

5. Dibebaskan Dari Sifat Orang Munafik

Salat subuh secara berjamaah ialah salah satu cara yang bisa kita lakukan agar bisa terhindar dari sifat kemunafikan tersebut, dijelaskan di dalam hadits :

“Tidak ada salat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

BACA JUGA :

6. Shalat Subuh Berjamaah Disaksikan oleh Malaikat

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

7. Berpeluang Memperoleh Pahala Haji atau Umrah Jika Berzikir Hingga Terbitnya Matahari

Bisa kita bayangkan banyaknya dan besarnya pahala yang akan kita peroleh jika berusaha untuk memaksimalkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

8. Keselamatan Dari Siksa Neraka

Terbebasnya dari siksa panasnya api neraka merupakan berita yang sangat gembira, pasti akan berhubungan dengan kemuliaan masuk surga. Pahala ini tentunya hanya berlaku bagi hamba–hamba yang menjalankan salat subuh secara berjamaah. Bisa kita lihat di Hadits berikut:

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang salat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

9. Melatih Kita Untuk Tidak Menjadi Pribadi yang Malas

Bangun pagi–pagi dan keluar rumah untuk melaksanakan salat subuh tentu saja akan melatih mendisiplinkan diri. Banyak orang yang merasa malas keluar rumah karena suhu yang masih terasa dingin atau pun karena masih gelap.

10. Menjemput Rejeki Lebih Awal

Bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di masjid sama halnya anda sedang menjemput rejeki di hari tersebut. Karena shalat lebih baik dari pada tidur. Bagi mereka yang malas dan selalu bangun siang, sama saja ia tidak ingin menjemput rejekinya sendiri.

11. Ikut Memakmurkan Masjid

Dengan kita rajin mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat, secara langsung kita ikut andil dalam hal kebaikan yakni ikut mensejahterakan masjid. Kita tentu saja tidak mau bukan, masjid kita sepi tak berpenghuni?

12. Memberikan Contoh Baik Bagi Generasi Penerus

Sebagai umat muslim yang sudah mempunyai kewajiban menjalankan perintah–Nya, tentu saja harus memberikan contoh baik bagi generasi penerus minimal kepada anak cucu kita dengan cara melaksanakan salat di masjid. Secara tidak langsung, anak–anak yang melihatnya jadi ingin meniru.

13. Berlomba–Lomba Dalam Hal Kebaikan

Sebagai umat muslim yang beriman dan bertakwa, sebaiknya melakukan hal–hal positif selagi masih diberikan kesempatan untuk hidup di dunia ini. Karena kehidupan di dunia tidaklah kekal. Jadi berlomba–lombalah dalam hal kebaikan. Wallahu’alam bishawab. (ZEN/BandungKita.id)

Comment