oleh

Malam Ini, Puncak Hujan Meteor Geminid Bakal Hiasi Langit Malam

BandungKita, BANDUNG – Fenomena hujan meteor Geminid bakal menghiasi langit malam di bulan Desember. Diperkirakan hujan meteor Geminid berlangung sejak 7—16 Desember, sedangkan 13-14 Desember Geminid akan mencapai puncak maksimum.

Hujan meteor Geminid edisi 2018 diprediksi menjadi hujan meteor terbaik tahun ini. Per jam diperkirakan ada 50-120 meteor yang melesat per jam saat puncak hujan tersebut.

Hujan meteor Geminid diketahui memasuki periode aktifnya setiap Desember, kala Bumi melewati kumpulan debris dari bebatuan luar angkasa bernama 3200 Phaethon. Debris tersebut berupa debu dan batu kecil yang melesat menuju atmosfer Bumi.

Dikutip dari laman Mirror, Kamis 13 Desember 2018, seperti dilaporkan Viva, fenomena alam ini bisa disaksikan dari berbagai belahan dunia dan bisa disaksikan tanpa membutuhkan alat yang khusus dan rumit. Meteor dalam hujan Geminid ini akan melintasi langit dengan kecepatan sekitar 78.000 mil per jam.

Kendati begitu hujan meteor jenis ini tidak menimbulkan risiko berbahaya bagi Bumi.

Asteroid 3200 Phaethon diidentifikasi terbuat dari logam dan batu. Meski begitu, ada perdebatan dengan beberapa ilmuwan, mereka mengatakan asteroid ini merupakan sebuah komet yang sudah punah, tidak lagi memiliki es dan ekor.***(RES)

Komentar