by

Banyak Pejabat Rapat di Hotel, Angka Okupansi Hotel di Kota Bandung Naik Sampai 70 Persen

BandungKita.id, BANDUNG – Banyaknya pejabat pemerintahan yang menggelar rapat di sejumlah hotel di Kota Bandung, menyebabkan jumlah keterisian kamar (Okupansi)  hotel di Kota Bandung terus meningat, bahkan sampai 70 persen.

“Bulan Desember naik disebebkan banyaknya pejabat pemerintahan yang menggelar rapat di hotel-hotel, okupansinya berkisar antara 65 sampai 70 persen lebih tinggi dari bulan lainnya,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Perwakilan Daerah Jawa Barat, Herman Muchtar, saat diubungi BandungKita, Selasa (25/22/2018).

Selain karena banyakanya pejabat yang rapat dihotel, okupansi hotel di akhir tahun juga di sebabkan musim libur sekolah, serta libur Natal dan Tahun baru.

Herman menjelaskan meski jalur menuju Kota Bandung sering mengalami kemacetan parah, namun minat masyarakat untuk mengisis liburan di Kota Kembang tidak terhalang.

“Meskipun macet, Bandung tetap ramai. Maka otomatis okupansi hotel juga tinggi, rata-rata untuk Natal dan Tahun Baru, dari tanggal 22 sampai tanggal 31 itu kelihatannya akan mencapai 85 persen sampai 90 persen untuk Kota bandung,” ungkap Herman

Angka tersebut, Kata Herman, lebih baik dari tahun sebelumnya, dari 475 hotel yang ada di Kota Bandung, semua kelas dari melati hingga bintang lima, semuanya mengalami kenaikan.

“Kenaikannya cukup merata yah, karena ga semua tamu banyak duit jadi baik melati maupun hotel bintang lima semuanya mengalami kenikan pemesan, terlebih Natal nya jatuh di Hari Selasa jadi liburnya cukup panjang” kata Herman

Lamanya hari libur tersebut, lanjut Herman, juga berpengaruh pada durasi menginap para penyewa hotel, meski angka okupansinya fluktuatif,  misalnya untuk Minggu (23/12) okupansi hotel mencapai 100 persen.

“Kita bicara rata-rata yah, soalnya hotel di Jawa Barat ada 2.500 hotel. Khusus untuk Kota Bandung kemarin Minggu penuh,  malam Senin berkurang di bawah 100 persen, mungkin hari ini di bawah itu juga tapi mungkin naik lagi, bahkan mungkin penuh di malam Tahun Baru nanti” ujar Herman

Adapun, untuk target okupansi tahun 2018, Herman menyebut untuk Jawa Barat ditergetkan sebesar 40 persen, sementara untuk Kota Bandung ditargetkan 70 persen. Namun diperkirakan hanya akan tercapai maksimal 60 persen.

“Saya himbau tamu bisa memilih hote- hotel di Bandung dan Jawa Barat, karena memang hotelnya  ini cukup banyak dan mereka bisa pilih melalui sistem online, agar tahu apakah ada atau tidak ada kamar yang masih tersedia,” pungkasnya.***(TRH/BandungKita)

Comment