by

Baru Dilantik Sebagai Kadisdik Jabar, Dewi Sartika Beberkan Segunung Persoalan Pendidikan di Jabar : Apa Saja?

BandungKita.id, BANDUNG – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat kini memiliki nahkoda baru yakni Dewi Sartika. Dewi menggantikan posisi Kadisdik sebelumnya yakni Ahmad Hadadi. Ia dilantik Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung sate, Jumat (5/1/2019).

Ditemui BandungKita.id, pada hari pertamanya bertugas, Dewi mengatakan bahwa pendidikan di Jawa Barat memiliki segunung perasoalan.

“Ya permasalahan pendidikan di Jabar itu beragam mulai dari sarana prasarana, juga secara umum Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan kita masih terbilang kecil, yakni hanya 82 %,” ujar Dewi saat ditemui BandungKita di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Jalan Dr. Radjiman No. 66 Kota Bandung, Sabtu (5/1/2019).

Meski begitu ia mengakui bahwa dirinya belum mengkaji lebih banyak, soal ‘PR’ pendidikan di Jabar.

“Pokonya banyaklah (permasalahannya). Nanti ya saya lihat dulu angka-angkanya,” ujar Dewi.

BACA JUGA :

Tak hanya itu, Dewi mengaku memiliki beban lebih, lantaran dirinya mesti mengurus begitu banyak orang di Jawa Barat yang terlibat dalam urusan pendidikan.

“ini (Dinas Pendidikan) adalah institusi yang besar, jumlah guru dan pegawainya hampir 60 ribu. siswa SMA-nya 1.782.786, Osisnya 4.503. Dengan jumlah ini saya tentu harus belajar cepat,” kata Dewi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan alasan dirinya memilih Dewi yang karib disapa Ikeu tersebut lantaran meraih nilai tertinggi.

“Ibu Ikeu ini hasil evaluasi dari sesama eselonnya, jadi bagaimana Gubernur memilih (yang kemarin dilantik) itu berdasarkan masukan oleh sesamanya sendiri, skornya (Ikeu) paling tinggi, jadi saya tugaskan di dinas paling mulia,” ujarnya. (TRH/BandungKita.id)

Comment