by

Jabar Rawan Bencana Alam, Wagub Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

BandungKita.id, Bandung – Masyarakat Jawa Barat diminta untuk meningkatkan kewaspadaannya pada musim hujan. Pasalnya, Jabar termasuk salah satu daerah rawan bencana hidrometeorologi.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi bencana alam pada musim hujan. Mengingat, curah hujan saat ini berpotensi mengalami peningkatan.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk waspada dalam menjelang musim hujan sekarang, memang musim hujan sekarang ini besar, kita juga bisa rasakan dan lama,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Upaya antisipasi tersebut, lanjutnya dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp500 miliar untuk alokasi Biaya Tak Terduga (BTT) menghadapi musim hujan. Uu juga meminta Pemda Kabupaten/Kota menganggarkan dana BTT untuk menghadapi musim hujan.

“Kemudian juga saya minta kepada para bupati dan wali kota untuk menganggarkan dana BTT yang memang sesuai dengan situasi dan kondisi alias rasional,” katanya.

BACA JUGA:

Antisipasi Bencana Alam, Polda Jabar Siagakan Pasukan Khusus

Kolam Retensi dan Tol Air Hadir di Bandung, Kok Masih Banjir?

“Pemda Provinsi Jabar menyiapkan Rp500 miliar untuk itu sebagaimana arahan pemerintah pusat, tetapi ini semua bisa dikeluarkan kalau ada permohonan dari bupati dan wali kota,” tambah Uu.

Selain itu, Ia juga mengajak mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) untuk turut serta menjadi relawan kebencanaan.

“Terutama tentang Relawan Bencana Tagana, ataupun relawan bencana dari ormas seperti di Muhammadiyah ada, di NU juga ada. Sehingga di saat ada bencana terjadi, tidak hanya menunggu pemerintah,” katanya.

“Tetapi, ada masyarakat yang ada langsung melaksanakan kegiatan tersebut karena kami yakin mereka sudah memiliki keahlian, karena sudah ada didikan, Santri Tagana dan yang lainnya,” pungkas Uu. (Faqih Rohman Syafei) ***

Comment