oleh

KPU Janji Akan Umumkan Daftar Nama Caleg Eks Koruptor, Begini Kata KPK

BandungKita.id, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan umumkan calon anggota legislatif mantan terpidana korupsi kepada publik. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan pihaknya mendukung tindakan tersebut. Menurutnya sikap tersebut sudah menjadi penantian KPK.

“Bagus kalau KPU akhirnya realisasikan niat tersebut karena sebelumnya kan itu pernah disampaikan ke KPK dan kami bilang bahwa sepanjang sesuai dengan aturan berlaku, KPK sangat mendukung,” ujarnya, seperti dikutip Kompas,Rabu, (29/1/2019).

Febri menuturkan, KPK telah mengatasi ratusan pejabat yang terlibat korupsi. Informasi itu dinilai penting bila masyarakat tahu siapa saja caleg koruptor agar tidak terpilih lagi di pemilu 2019 nanti.

“KPK sudah menangani ratusan anggota DPR RI, lalu anggota DPRD dan juga kepala daerah atau ratusan pelaku kasus korupsi di sektor politik tersebut. Jadi jangan sampai di tahun 2019 ini terpilih lagi orang-orang yang sudah pernah lakukan korupsi sebelumnya,” ungkap Febri.

Pengumuman tersebut, Kata Febri rencananya akan dilakukan pada akhir Januari atau awal Februari 2019 mendatang. Komisioner KPU, Hasyim Asyari mengatakan KPU akanmengumumkan daftar nama calon anggota legislatif mantan narapidana kasus korupsi di situs resmi KPU RI.

“Di website resmi KPU akan ditayangkan terus dan nanti bisa dikutip oleh siapapun,” ujar Komisioner KPU,” pungkasnya. (DIN/Bandungkita.id)

Komentar