Amankan Imlek 2019, Polrestabes Bandung Kerahkan 440 Personel

BandungKita.Id, BANDUNG – Jajaran Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung mengerahkan 440 petugas untuk mengamankan perayaan tahun baru cina di 13 wihara di Kota Bandung, Selasa (5/2/2019).

“Dalam rangka mengamankan imlek, hari ini jajaran Polrestabes Bandung sudah menyiapkan pengamanan baik terbuka maupun tertutup di 13 wihara di kota Bandung,” ungkap Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema, Selasa (5/2/2019).

Pihaknya mengatakan pengamanan tersebut juga tidak hanya dilakukan di hari pelaksanaan perayaan imlek, namun sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya.

Irman mengatakan, untuk tahun ini jumlah petugas pengamanan yang dikerahkan lebih sedikit dari tahun sebelumnya yang mencapai 700 lebih petugas.

Namun demikian, Irman tetap memastikan, pihaknya akan melakukan pengamanan secara maksimal.

“Kemudian juga pada hari ini, kami cek kemananan kembali, karena mungkin masih ada kegiatan-kegiatan di sejumlah wihara,” kata Irman.

Baca juga: Tahun Ini, Perayaan Imlek Warga Tionghoa di Garut Lebih Sederhana : Begini Doa Mereka Untuk Indonesia

Terkait kegiatan festival barongsai, Irman mengungkapkan, pihaknya belum mendapatkan laporan akan digelar di Wihara.

“Untuk di wihara belum ada informasi akan di gelar festival barongsai. Tapi kalau ada, kami siap melakukan pengamanan agar berjalan lancar,” jelas Irman.

Sejauh ini, meski jemaah terus memadati beberapa wihara di Kota Bandung, namun Polisi belum melihat ada peningkatan volume kendaraan akibat hal itu. Sehingga Polrestabes belum menerapkan rekayasa lalu lintas.

“Itu (rekayasa lalin) sifatnya situasional. Kalau kemudian memang diperlukan, kita akan laksanakan. Namun sejauh ini lalu lintas masih lancar,” ungkanya.

Irman menghimbau, agar masyarakat bisa saling menghargai dan menjaga kondusifitas demi kelancaran imlek di Kota Bandung.

“Mari kita saling menghormati dan saling menjaga toleransi kehidupan beragama agar kota bandung tetap
kondusifi,” kata Irman.

Seperti diketahui sejumlah wihara di kota bandung telah melakukan persiapan cara matang dalam merayakan imlek tahun ini.

Salah satunya yakni di wihara Dharma Ramsi di Jalan Cibadak Kota Bandung sebanyak 200 lilin berbagai ukuran dinyalakan, tepat dimalam pergantian tahun.

“Dimalam pergantian tahun, juga diisi dengan kegiatan penyalaan lilin baik yang besar maupun yang sedang,” ujar Solehudin (40) pengurus Wihara Dharma Ramsi.

Menurutnya, para jemaah diprediksi akan terus berdatngan hingga sore hari Selasa.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Restu Sauqi

Comment