oleh

Gelar Pameran Foto, Mahasiswa UPI Ingin Ceritakan Bandung dalam Bentuk Visual

BandungKita.id, BANDUNG – Sejumlah mahasiswa Universitas Pendidkan Indonesia (UPI) yang tergabung dalam unit kegiatan fotografi mahasiswa (UKFM) Performa, menggelar pameran fotografi bertema Bandung Punya Cerita, di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Minggu-Selasa (9-12/2/2019).

Pameran tersebut menampilkan 35 foto karya 21 mahasiswa calon anggota UKFM Performa. Gelaran tersebut juga merupakan salahsatu tahapan seleksi anggota baru.

Ketua pelaksana pameran, Dani Hidayat mengatakan pameran tersebut menampilkan karya visual yang bercerita tentang kondisi objektif Kota Kembang.

“Peserta pameran ini adalah caang, atau calon anggota yang salah satu tugasnya, adalah memotret Kota Bandung sekreatif mungkin,” ungkap Dani.

Menurutnya kekuatan fotografi adalah mampu mengemas secara nyata kondisi yang terjadi di lapangan. Sehingga penikmat foto bisa seolah-olah merasakan Bandung yang sebenarnya.

“Jadi yang bukan orang Bandung melihat pameran ini bisa tahu Bandung itu bagaimana,” ungkap mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan itu.

Dani menyebut, ada sekitar 400 foto yang masuk, namun yang lolos kurasi hanya 35 karya foto.

“Memang kurasi lumayan ketat, salahsatu penilaiannya adalah menguji sejauhmana kesesuaian antara foto dengan tema, kurasi dilakukan sampai dua kali,” jelasnya.

Baca juga: Tolak Parkir Berbayar, Mahasiswa UPI Geruduk Rektorat

Dikatakan Dani, seni fotografi tidak sekadar gambar, namun memiliki pesan tersendiri bagi setiap orang yang melihat foto tersebut.

“Kita mengemas Bandung dalam foto seobjektif mungkin. Baik dari sisi budaya, tempat wisata, dan hal lainya yang bisa diangkat melalui karya foto,” Kata Dani.

Dirinya berharap melalui, kegiatan ini mahasiswa bisa menciptakan karya foto yang lebih baik.

“Kami ingin lebih baik lagi dalam menciptakan karya foto, di sini saya ingat pesan dari pembina kita. Di UKFM Performa itu bukan untuk jago foto, tapi untuk terus kreatif di bidang foto,” ujar Dani.

 

Diskusi fotografi

 

Sementara itu, salah satu anggota UMFK Performa, Keizia Danielle mengatakan, pameran ini diharapkan menjadi wadah pegiat fotografi khususnya mahasiswa UPI.

“Foto itu seringkali dipahami sekadar hobi, padahal kalau kita pelajari lebih serius, foto bisa dipahami secara ilmiah, bagaimana itu sejarahnya, definisinya, juga termasuk teknisnya,” kata mahasiswa Fakultas Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Keizia menjelaskan, pameran tersebut juga mencoba menyajikan seni foto tidak hanya sebagai karya, tapi juga dapat mengajak pengunjung memahami peristiwa dibalik terciptanya karya foto.

“Karena itu lah selain kita pameran foto, kita juga sore ini mau melanjutkan dengan diskusi. Menurut saya, foto itu penting sekali, bagaimana momen bisa terdokumentasi, dan tidak pernah terulang. Itu salah satu yang akan dibahas ,” kata Keizia.

Perlu di Ketahui, UKFM Performa adalah unit kegiatan mahasiswa yang digagas oleh Holin Sulistyo dan Agus Sadikin sejak tahun 1998. Fokus dibidang fotografi dan terus tumbuh hingga sekarang.***(Tito Rohmatullah)

Editor: Restu Sauqi

Komentar