by

Sering Melewatkan Sarapan Pagi? Awas, Ini 7 Bahaya Bila Kita Sering Tak Sarapan

BandungKita.id, HEALTH – Anda terlalu sibuk di pagi hari sehingga sering melewatkan sarapan? Tahukah Anda bahwa sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap hari?

Apa yang terjadi jika kita melewatkan sarapan? Apakah benar melewatkan sarapan dapat membuat kita lemah? Apakah ada hubungannya antara sarapan dengan kecerdasan kita? Artikel ini akan menjawab rasa penasaran anda. Yuk, kita simak ulasan BandungKita.id, berikut ini.

Jika anda terlalu sering melewatkan sarapan maka akan berdampak pada kondisi tubuh. Sarapan penting untuk menunjang aktivitas.

Kita membutuhkan energi untuk melakukan berbagai rutinitas setiap hari. Energi didapat dari apa yang kita konsumsi. Makan pagi merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan energi yang diperlukan oleh tubuh. Selain memenuhi kebutuhan akan energi, sarapan akan membantu kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.

Jika Anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Ternyata, melewatkan sarapan itu merugikan. Berikut adalah beberapa bahaya melewatkan sarapan yang sering tidak kita sadari:

1. Menyebabkan gangguan jantung

Mengutip dari duniafitnes.com bahwa baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang melewatkan makan pagi berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Pola makan yang tidak teratur memang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.

2. Obesitas

Ketika anda melewatkan makan pagi maka anda cenderung untuk lebih tidak dapat mengendalikan porsi makan siang. Hal ini jika dilakukan terus-menerus yang akan menjadi penyebab kegemukan.

BACA JUGA :

Waspada! Ini 8 Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Bisa Menyebabkan Kanker Lho

10 Menu Sarapan yang Bisa Bikin Langsing, Semuanya Enak!

 

3. Diabetes

Risiko diabetes pada perempuan akan meningkat ketika sarapan tidak dilakukan secara rutin. Menurut situs livescience.com, perempuan yang hanya sarapan pada skala 0 sampai 6 kali dalam satu minggu memiliki risiko menderita diabetes yang lebih tinggi daripada perempuan yang mengonsumsi sarapan setiap hari.

4. Menstruasi tidak teratur

Sebuah studi dari jurnal Appetite menjelaskan bahwa pada mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan makan pagi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah yang keluar tidak lancar.

5. Menurunkan kemampuan kognitif

Karena otak kekurangan nutrisi, maka akan mengganggu konsentrasi sehingga proses penyerapan pengetahuan tidak berjalan dengan maksimal. Sebuah studi dari A Centers for Disease Control menyatakan bahwa anak-anak usia sekolah yang tidak sarapan memiliki kemampuan akademik yang lebih rendah daripada anak-anak yang rutin mengonsumsi sarapan.

Bahkan di beberapa negara, sekolah telah menyediakan sarapan bagi peserta didiknya sehingga diharapkan anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan dari rumah karena berbagai alasan, tetap dapat mengonsumsi sarapan secara rutin. Tidak sarapan juga menyebabkan daya ingat menurun.

6. Mood yang jelek

Mengutip dari livestrong.com, melewatkan sarapan ternyata juga dapat menyebabkan suasana hati yang tidak baik. Hal ini akan mempengaruhi anda dalam melakukan rutinitas.

Dengan suasana hati yang tidak baik, maka hasil kinerja anda juga tidak maksimal. Jangan sampai hanya karena melewatkan makan pagi, aktivitas anda menjadi terganggu dan tidak sesuai harapan yang justru menambah stres.

7. Gangguan Fisik

Menurut National Institutes of Health, melewatkan sarapan membuat anda berisiko menderita hypoglycemia atau gula darah yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala fisik seperti pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung yang meningkat. Tubuh kita harus melakukan berbagai aktivitas seharian, maka perlu tercipta kondisi yang prima untuk melalui hari dengan baik.

Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Mengingat betapa pentingnya sarapan, jangan menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak memiliki waktu sarapan. Mulai masukkan sarapan ke dalam daftar aktivitas Anda setiap hari. Semoga bermanfaat!(M Zezen Zainal M)

 

sumber : halosehat.com

Editor : M Zezen Zainal M

Comment