Bupati Bandung Optimis Bank Wakaf Mikro Tuntaskan Kemiskinan

BandungKita.id, BANDUNG – Pondok Pesantren (Ponpes) Baiturrahman Ciparay mendirikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Bersama Baiturrahman (B3), Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (21/2/2019).

Ketua Pengawas BWM, Yamin Kamaludin mengatakan BWM merupakan program baru pemerintah pusat yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat sekitar pesantren. Adapun sumber dananya, kata dia, berasal dari donatur yang nantinya akan diberikan kepada nasabah.

“Awal pendiriannya, kami mendapatkan dana sekitar 4 miliar, yang berasal dari donatur. Satu miliar diperuntukan bagi nasabah, sisanya kami gunakan sebagai biaya operasional. Sampai saat ini BWM B3 sudah memiliki 540 nasabah, alhamdulillah untuk tahap awal peminjaman semuanya lancar,” terang Yamin yang juga sebagai Pimpinan Ponpes Baiturrahman.

Selain memberikan kesejahteraan secara finansial, kata Yamin, pihaknya juga memberikan pemahaman lewat kajian yang dilaksanakan semiggu sekali. Jadi secara positif BWM menimbulkan efek domino, antara lain memberikan pemahaman agar masyarakat terhindar dari riba.

“Lewat kegiatan Menghilangkan Riba dan Sebarkan 3 S (Sodakoh, Sabar dan Shalat), atau biasa disingkat Mersis, masyarakat diberikan kajian terutama terkait hukum riba. Di sini kami berusaha memberikan pemahaman, mudah-mudahan secara perlahan akan mengubah mindset masyarakat,” tambah Yamin.

Manager BWM B3, Dahlan Irfan menyambungkan, BWM Baiturrahman merupakan salah satu BWM dengan jumlah nasabah terbesar kedua di Indonesia. “Dari 10 BWM yang ada di Indonesia, dengan jumlah 540 nasabahnya, BWM B3 menempati urutan kedua terbesar,” Kata Dahlan.

Terkait teknisnya, Dahlan memaparkan, awalnya nasabah akan diberikan pinjaman modal usaha sebesar Rp. 1 Juta. Jika pinjaman sudah lunas, nasabah bisa mendapatkan pinjaman kembali sebesar Rp. 2-3 juta.

Meskipun jumlah pinjamannya relatif kecil, kata Dahlan, program ini diyakini bisa mengentaskan kemiskinan sekaligus mengikis praktek rentenir. Mengapresiasi program tersebut, Bupati Bandung, Dadan Naser mengatakan BWM 3 dapat membantu pemerintah dan menyejahterakan masyarakat.

“Seperti kita ketahui bersama, ponpes adalah sebuah lembaga pendidikan. Namun di Baiturrahman ini, dibentuk lembaga keuangan mikro syariah. Insya Allah dengan berdaya secara ekonomi, ponpes bisa menyejahterakan masyarakat di sekitarnya,” ucap bupati usai acara Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Ponpes Baiturrahman.

Irfan berharap Pemkab Bandung terus memberikan dukungan demi memutus rantai kemiskinan. “Kami berharap Pemkab Bandung dapat memberikan dukungan kepada nasabah kami. Kami sudah memainkan peran kami sebagai agen pengentasan kemiskinan, dengan adanya pembinaan terhadap nasabah diharapkan BWM bisa terus berkembang,” pungkasnya. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Comment