BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Saat khutbah Jumat berlangsung, hendaknya jamaah menyimak dengan seksama. Namun, karena kebiasaan atau keperluan tertentu, terkadang sebagian jamaah berbicara kepada rekannya. Bagaimana hukum berbicara saat khutbah berlangsung?
Ulama Syafiโiyyah menegaskan bahwa berbicara saat khutbah bagi jamaah Jumat hukumnya makruh. Kemakruhan ini berdasarkan petunjuk ayat:
ููุฅูุฐูุง ููุฑูุฆู ุงููููุฑูุขูู ููุงุณูุชูู ูุนููุง ูููู ููุฃูููุตูุชููุง ููุนููููููู ู ุชูุฑูุญูู ูููู
Artinya, โApabila dibacakan Al-Quran (khutbah), maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.โ (Surat Al-Aโraf, ayat 204)
Demikian pula hadits riwayat Imam Muslim:
ุฅุฐูุง ููููุช ููุตูุงุญูุจูู ุฃูููุตูุชู ููููู ู ุงููุฌูู ูุนูุฉู ููุงููุฅูู ูุงู ู ููุฎูุทูุจู ููููุฏู ููุบูููุชู
Artinya, โJika kamu katakan kepada temanmu, โdiamlah!โ, di hari Jumat saat khatib berkhutbah, maka kamu telah melakukan perbuatan menganggur (tiada guna).โ (HR Muslim)
Kalimat โLaghautaโ memiliki banyak versi. Ada yang mengartikan merugi dari pahala, batalnya keutamaan Jumat dan Jumatnya menjadi Zhuhur. Yang dimaksud Jumatnya menjadi Zhuhur adalah, Jumatnya sah, namun tidak mendapatkan keutamaannya.
BACA JUGA :
Yuk Bersedekah! Subhanallah, Ini Dia 12 Hikmah dan Keajaiban Sedekah Dalam Islam
Memulai Hari, Baca Doa Pagi Hari Ini yang Sering Dibaca Rasulullah SAW
Syekh Jalaluddin al-Suyuthi menegaskan:
ููุงูู ุงููููุถูุฑ ุจูู ุดูู ููููู ู ูุนูููุงูู ุฎูุจูุช ู ููู ุงููุฃูุฌูุฑ ููููููู ุจูุทูููุชู ููุถููููุฉ ุฌูู ูุนูุชู ููููููู ุตูุงุฑูุชู ุฌูู ูุนูุชู ุธูููุฑูุง ููุงูู ุงููุญูุงููุธ ุงูุจูู ุญูุฌูุฑ ููููุดูููุฏ ูููููููููู ุงููุฃูุฎููุฑ ุญูุฏููุซ ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู ู ููู ููุบูุง ููุชูุฎูุทููู ุฑูููุงุจ ุงููููุงุณ ููุงููุชู ูููู ุธูููุฑูุง ููุงูู ุงูุจูู ููููุจ ุฃูุญูุฏ ุฑูููุงุชู ู ูุนูููุงูู ุฃูุฌูุฒูุฃูุชู ุนููููู ุงูุตููููุงุฉ ููุญูุฑูู ู ููุถููููุฉ ุงููุฌูู ูุนูุฉ
โNadlr bin Syumail berkata, makna hadits tersebut adalah, kamu merugi dari pahala. Pendapat lain, batal keutamaan Jumatmu. Pendapat lain, Jumatmu menjadi Zhuhur. Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani berkata, pendapat terakhir didukung oleh haditsnya Abu Daud, barangsiapa yang menganggur dan melangkahi leher manusia, maka Jumat baginya menjadi shalat Zhuhur. Ibnu Wahab, salah satu perawi hadits tersebut berkata, maknanya adalah tercukupi baginya shalat Jumat dan ia terhalang dari keutamaan Jumat.โ (Syekh Jalaluddin al-Suyuthi, Hasyiyah al-Suyuthi โala Sunan al-Nasaโi, juz 2, hal. 452)
Senada dengan penjelasan al-Suyuthi di atas, Syekh Abdurrahman al-Mubarakfauri mengatakan:
ูุงู ุงูุนูู ุงุก ู ุนูุงู ูุง ุฌู ุนุฉ ูู ูุงู ูุฉ ููุฅุฌู ุงุน ุนูู ุฅุณูุงุท ูุฑุถ ุงูููุช ุนูู ุงูุชูู
โUlama berkata, makna hadits tersebut adalah, tidak ada Jumat sempurna baginya, karena kesepakatan ulama atas gugurnya kewajiban Jumat bagi orang tersebut.โ (Syekh Abdurrahman al-Mubarakfauri, Tuhfah al-Ahwadzi, juz 3, hal. 32).
Mengapa hukum berbicara tidak haram, padahal ayat di atas tegas memerintahkan untuk diam saat khutbah dibacakan?
Syekh Zakariyya al-Anshari menjelaskan bahwa ada beberapa hadits yang menunjukan berbicara saat khutbah tidak haram, seperti hadits riwayat al-Bukhari dan Muslim tentang seorang Baduwi yang datang saat Nabi sedang berkhutbah, ia mengadu hartanya hilang, keluarganya lapar dan meminta Nabi mendoakannya. Nabi tidak mengingkari perilaku Baduwi tersebut, bahkan Nabi mendoakannya.
Berikut ini bunyi penjelasan Syekh Zakariyya dalam kitabnya Asna al-Mathalib:
ูููุฑู ููุญุงุถุฑูู ุงูููุงู ูููุง ูุธุงูุฑ ุงูุขูุฉ ุงูุณุงุจูุฉ ูุฎุจุฑ ู ุณูู ุฅุฐุง ููุช ูุตุงุญุจู ุฃูุตุช ููู ุงูุฌู ุนุฉ ูุงูุฅู ุงู ูุฎุทุจ ููุฏ ูุบูุช
โMakruh bagi hadirin jamaah Jumat berbicara saat khutbah, karena zhahir ayat di atas dan haditsnya Imam Muslim, Jika kamu katakan kepada temanmu, diamlah, di hari Jumat saat khatib berkhutbah, maka kamu telah melakukan perbuatan menganggur (tiada guna).โ
ููุง ูุญุฑู ููุฃุฎุจุงุฑ ุงูุฏุงูุฉ ุนูู ุฌูุงุฒู ูุฎุจุฑ ุงูุตุญูุญูู ุนู ุฃูุณ ุจููู ุง ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูุฎุทุจ ููู ุงูุฌู ุนุฉ ูุงู ุฃุนุฑุงุจู ููุงู ูุง ุฑุณูู ุงููู ููู ุงูู ุงู ูุฌุงุน ุงูุนูุงู ูุงุฏุน ุงููู ููุง ูุฑูุน ูุฏูู ูุฏุนุง
โDan berbicara hukumnya tidak haram karena terdapat beberapa hadits yang menunjukan kebolehannya, seperti haditsnya al-Bukhari dan Muslim dari Sahabat Anas, suatu ketika Nabi tengah berkhutbah di hari Jumat, berdirilah seorang Baduwi, lalu ia berkata, โWahai Rasulullah, harta kami rusak, keluarga kami lapar, maka berdoalah kepada Allah untuk kami.โ Lalu Nabi mengangkat kedua tangannya dan berdoa untuk Baduwi tersebut.โ
ูุฌู ุงูุฏูุงูุฉ ุฃูู ูู ูููุฑ ุนููู ุงูููุงู ููู ูุจูู ูู ูุฌูุจ ุงูุณููุช ูุงูุฃู ุฑ ูู ุงูุขูุฉ ูููุฏุจ
โSudut pandang petunjuknya adalah bahwa Nabi tidak mengingkari percakapan sang Baduwi, Nabi tidak menjelaskan kepadanya kewajiban diam saat khutbah. Perintah diam dalam ayat diarahkan kepada perintah sunnah.โ (Syekh Zakariyya al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 2, hal. 138)
Bagaimana bila ada hajat untuk berbicara, semisal mengingatkan rekannya yang salah atau khatib yang tidak membaca salah satu rukun khutbah? Apakah juga dilarang?.
Jika terdapat hal-hal mendesak yang memerlukan bicara sebagaimana contoh-contoh tersebut, maka hukumnya boleh (tidak makruh), bahkan berbicara bisa menjadi wajib dalam sebagian kasus seperti memperingatkan rekan jamaah dari bahaya binatang yang hendak melukai atau khatib yang cacat khutbahnya.
Meski berbicara hukumnya boleh saat ada hajat, namun sebaiknya dihindari, cukup dengan berisyarat bila hal tersebut telah mencukupi dalam menyampaikan maksud.
Syekh Zakariyya al-Anshari mengatakan:
ูุฅู ุนุฑุถ ู ูู ูุงุฌุฒ ูุชุนููู ุฎุจุฑ ูููู ุนู ู ููุฑ ูุฅูุฐุงุฑ ุฅูุณุงู ุนูุฑุจุง ุฃู ุฃุนู ู ุจุฆุฑุง ูู ูู ูุน ู ูู ุฃู ู ู ุงูููุงู ุจู ูุฏ ูุฌุจ ุนููู ููู ูุณุชุญุจ ุฃู ููุชุตุฑ ุนูู ุงูุฅุดุงุฑุฉ ุฅู ุฃุบูุช
โBila baru datang perkara penting yang mendesak seperti memberitahukan kewaspadaan, melarang kemunkaran, memperingatkan manusia dari kalajengking atau orang buta agar tidak jatuh ke sumur, maka berbicara tidak dicegah, bahkan terkadang wajib. Namun sunah mencukupkan dengan isyarah bila hal tersebut mencukupi.โ (Syekh Zakariyya al-Anshari, Asna al-Mathalib, juz 2, hal. 139)
Selain ada kebutuhan mendesak, berbicara juga diperbolehkan dalam beberapa kondisi yang dianjurkan, seperti membaca shalawat saat khatib menyebut nama atau sifat Nabi, mendoakan orang yang bersin, mendoakan taradldli (radliyaallah โanhu) saat nama sahabat disebut dan mengamini doanya khatib. Beberapa anjuran tersebut sebagaimana yang telah kami jelaskan dalam tulisan sebelumnya yang berjudul โInilah Delapan Adab saat Mendengarkan Khutbah.โ
Demikian penjelasan mengenai hukum berbicara saat khutbah, semoga kita diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah Jumat dengan memenuhi tata cara dan adab-adabnya.(M Zezen Zainal M)
sumber : nuonline
Comment