by

Hina Islam di Facebook, Pria Ini Dihukum 10 Tahun Penjara

BandungKita.id, INTERNASIONAL – Seorang pria di Malaysia, dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena telah menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW di akun Facebook. Pengguna yang diidentifikasi bernama Ayea Yea itu berusia 22 tahun. Ia pun mengaku bersalah atas 10 dakwaan yang ditujukan kepadanya.

Dilansir viva dari situs South China Morning Post, kasus yang terjadi baru-baru ini tidak hanya menimpa satu orang saja. Polisi Diraja Malaysia, juga menuntut tiga pemilik akun media sosial lainnya dengan kasus yang sama.

Salah satunya Yazid Kong berusia 52 tahun, yang mengaku bersalah atas dua tuduhan yang dilayangkan. Kemudian, ada pengguna Twitter dengan nama AlvinChow333 dan Facebook Danny A’antonio Jr yang membantah tuduhan itu.

Namun, mereka tetap ditahan hingga keputusan pada 5 April mendatang, tanpa jaminan. Baru-baru ini tuduhan terhadap keempatnya dilakukan pada Jumat lalu, 8 Maret 2019.

Kepala Kepolisian Diraja Malaysia, Inspektur Jenderal Tan Sri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, mereka telah berprasangka terhadap kerukunan agama, menerbitkan pernyataan untuk menghasut masyarakat, dan penyalahgunaan jaringan.

“Polisi telah menerima 929 laporan di seluruh negeri tentang kasus-kasus ini. Kami telah melakukan 16 investigasi tentang kasus yang berkaitan dengan penghinaan terhadap agama Islam,” kata Harun, dalam sebuah pernyataan resmi.

Sementara itu, mereka yang terbukti bersalah karena melakukan kegiatan anti agama, dapat dihukum dengan hukuman penjara dua hingga lima tahun. Sedangkan penyalahgunaan jaringan komunikasi satu tahu penjara atau denda hingga US$12.200 atau sekitar Rp174 juta. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment