oleh

Protes Penolakan Perubahan Status Kamojang dan Papandayan Terus Terjadi, KLHK Bentuk Tim Pokja

BandungKita.id, GARUT – Gelombang penolakan perubahan status sebagian kawasan cagar alam (CA) Papandayan dan Kamojang sampai saat ini masih terus terjadi. Sejumlah organisasi komunitas pecinta alam dari beberapa kampus di Garut turun ke jalan menggelar aksi unjuk rasa, Kamis (14/3/2019) kemarin.

Menanggapi itu, Kepala Bidang BKSDA Wilayah III Ciamis, Himawan Sasongko mengapresiasi massa aksi. Menurutnya mereka cukup rasional dan baik, terutama soal perbaikan penataan kawasan.

“Masukannya bagus-bagus ya, saya suka mendengar masukan dari mereka,” katanya di kantor KSDA Seksi V Garut, Jumat (15/3/2019).

Baca juga: Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir, Pemkab Bandung Intenskan Dapur di Tiga Titik Pengungsian

Terkait tuntutan SK penurunan status CA, Himawan mengakui prosesnya saat ini tengah berjalan. KLHK sedang membuat kelompok kerja (Pokja) yang isinya semua pihak yang berkepentingan terhadap kawasan CA Papandayan dan Kamojang.

“Minggu ketiga maret ini mudah-mudahan sudah selesai (pembentukan Pokja), jadi bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Menurut Himawan, Pokja nantinya akan memotret kondisi kawasan CA Papandayan dan Kamojang dalam berbagai sisi kajian. Hasil kajian tersebut, nantinya akan diserahkan pada kementerian, sebagai bahan melakukan review dari SK penurunan status kawasan.

Baca juga: Penolakan Terhadap Perubahan Status Cagar Alam Terus Bergulir, Mulai Aksi Jalan Kaki, Konser Musik hingga Pesan Musisi

Sebelumnya, Kepala Seksi V KSDA Garut, Purwantono mengatakan bahwa aksi penolakan sudah dilakukan berbagai pihak. Mulai di kantor BBKSDA Jawa Barat, Kota Bandung, hingga kantor KLHK Jakarta.

Kementerian pun, lanjut Himawan, telah merespon aspirasi dari para aktivis lingkungan, dengan melakukan review terhadap SK tersebut. Bahkan, Dirjen KSDAE dan KLHK pun telah melakukan sidak ke Papandayan dan Kamojang. Serta berdialog dengan masyarakat setempat untuk mendengarkan aspirasi soal perubahan status ini.

“Pak Dirjen sudah melakukan sidak, kita (KSDA) pun tidak tahu kedatangannya, kemudian dialog sudah dilakukan, kita akan mendengarkan aspirasi dari semua,” katanya. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar