oleh

Buat Para Kicau Mania, Ini Loh Manfaat Memelihara Burung bagi Kesehatan Anda

BandungKita.id, HEALTH – Memelihara burung tidak sekadar menghibur Anda. Ada manfaat psikologis dan juga kesehatan yang bisa diperoleh. Secara tidak disadari, Anda akan merasa bahagia dan ceria mendengar suara siulan burung peliharaan.

Setelah heboh batu akik mulai pudar, banyak orang yang beralih memelihara berbagai jenis burung berkicau seperti burung kenari, murai, kacer, anis, lovebird, cucakrowo, dan lain sebagainya.

Burung Jalak Suren (net)

Biasanya para penyuka burung berkicau ini melihat dari sisi bisnisnya, karena burung yang sudah jadi kicauannya bisa dihargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Belum lagi bila sering memenangkan berbagai kontes burung, harganya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Banyak pecinta burung atau kicau mania yang sering berkumpul bersama komunitas-komunitas sesama pecinta burung, hanya sekedar sharing dan bertukar informasi seputar perkembangan dan berbagi pengalaman.

Burung Kenari (net)

Selain keuntungan dari sisi bisnis, ternyata memelihara burung berkicau juga bermanfaat bagi kesehatan apabila kita perhatikan cara pemeliharaannya dengan benar. Nah apa saja ya manfaat memelihara burung berkicau bagi kesehatan? Dikutip dari lamanĀ Lovethatpet, BandungKita.id, akan ulas satu per satu, cekidot :

1. Mengurangi stres

Suara merdu yang biasa kita dengar dari burung berkicau seakan dapat membawa pikiran kita yang lelah atau penat menjadi tenang. Bahkan bukan hanya pikiran, tetapi juga menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah.

Hal ini dikarenakan setiap burung mempunyai jenis suara yang berbeda-beda. Coba saja Sobat BandungKita.id dengar saat pagi hari ketika bangun tidur langsung mendengar berbagai kicauan burung yang saling bersahutan, rasanya seperti mendengar sebuah orchestra music yang indah. Betul enggak?

Burung Lovebird (net)

BACA JUGA :

Ini Dia 15 Jenis Burung Cantik Lovebird Termahal dan Paling Dicari Para Kicau Mania

 

Ingin Pelihara Burung di Rumah? Coba 5 Jenis Burung Pilihan Ini

 

 

2. Interaksi sosial

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa memelihara burung dapat membangkitkan jiwa interaksi sosial dan menjaga kesehatan mental Anda. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya komunitas pecinta burung kicau. Di sisi lain, saat kita berinterkasi dengan burung peliharaan pun akan serasa membahagiakan.

3. Menghindari terkena Demensia

Saat seseorang memasuki usia lanjut atau lansia, maka resiko terkena demensia lebih besar. Demensia adalah kumpulan gejala-gejala penyakit yang dapat mempengaruhi cara berpikir.

Burung bisa menjadi teman penghibur yang baik dan melatih otak Anda dalam mempromosikan fungsi kognitif yang baik, untuk mencegah demensia.

Burung Kacer (net)

4. Tumbuhkan sikap empati

Bila Kalian suka memelihara Burung kicau dan punya anak, jangan lupa ajak anak anda berinteraksi juga dengan peliharaan anda misalnya cara memberi makan, membersihkan kandang, dan sebagainya. Cara ini dipercaya dapat menumbuhkan rasa empati anak terhadap mahkluk hidup lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan atau didapat dari memelihara burung berkicau, selain trend yang sedang ramai. Semoga bermanfaat. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar