by

Ingin Pelihara Burung di Rumah? Coba 5 Jenis Burung Pilihan Ini

BandungKita.id, HOBI – Hal ini kerap dialami para pemula yang baru tertarik atau berniat memelihara burung di rumah. Ada banyak sekali jenis burung yang ditawarkan di pasar burung. Pertanyaannya, jenis burung manakah yang tepat dipelihara?

Jawabannya tentu beragam karena disesuaikan dengan kebutuhan, selera, keinginan, dan harapan masing-masing pemilik burung. Ya, karena memelihara burung merupakan hobi yang bisa disebut “susah-susah gampang”. Ada sejumlah hal yang penting dipelajari dan diperhatikan sebelum seseorang mulai memelihara burung.

Sesudahnya, kini waktunya menentukan jenis burung yang hendak dipilih untuk dipelihara. Nah untuk membantu Anda, coba pertimbangkan salah satu dari 5 jenis burung ini untuk dipelihara. Lima burung ini banyak direkomendasikan oleh para pakar untuk Anda yang masih pemula. Apa saja, cekidot :

1. Burung Kacer

Jenis burung satu ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta burung. Burung yang sering diikutsertakan dalam perlombaan, karena memiliki mental kuat dan tangguh. Bila kalah dalam sebuah pertandingan, Burung Kacer sangat cepat mengembalikan mentalnya untuk kembali bersemangat.

Burung ini bisa jadi pilihan untuk dipelihara di rumah, karena perawatannya mudah dan kicauannya sangat indah dan menghibur pemiliknya. Kicauan khas alam terbuka yang bisa menghilangkan stres dan memberikan energi baru bagi pemiliknya memulai aktivitas kembali.

2. Burung Lovebird

Siapa yang tidak kenal dengan burung Lovebird? Burung ini sempat sangat populer di tahun 2015 lalu. Para pecinta burung dari yang pemula hingga yang sudah pakar berlomba-lomba memelihara burung cantik satu ini. Burung paruh bengkok ini memiliki tubuh mungil, bulu cantik berwarna-warni dan sedap dipandang.

Lovebird juga memiliki perlombaanya tersendiri yang biasanya diadakan oleh komunitas pecinta Lovebird. Meski sudah sangat populer, harga Lovebird tergolong ramah di kantong. Belum lagi kemampuan uniknya yang bisa dilatih layaknya pemain sirkus.

Aksinya seringkali lucu dan menggemaskan. Suaranya juga unik yang sering disebut ngekek. Semakin panjang durasi ngekeknya, lovebird bisa semakin mahal. Jadi, wajar bila banyak orang tertarik memeliharanya di rumah. Anda juga?

3. Burung Kenari

Burung pintar dan imut ini juga cukup populer di kalangan pecinta burung. Keunikannya pada warna bulu yang menarik dan memiliki suara merdu yang bisa dilatih. Burung Kenari mudah dirawat seperti memberi makan, minum, dijemur, dan dibersihkan sangkarnya.

Daya tarik lainnya, burung pemakan biji-bijian ini cukup terjangkau untuk dibeli di pasar burung. Memelihara kenari juga tergolong ramah anak-anak, karena tidak membahayakan. Namun, pamor burung satu ini naik turun. Beberapa tahun lalu burung ini mencapai kejayaannya. Namun kini sedikit meredup karena kehadiran burung-burung unik dan baru lainnya.

4. Burung Murai Batu

Hampir sama seperti Burung Kacer. Burung Murai Batu juga mempuyai mental kuat khas petarung. Suara burung ini juga sangat khas dan merdu didengar. Suaranya lantang dan bervariasi. Hingga saat ini jenis burung satu ini masih menjadi bintang alias primadona di kalangan pecinta burung.

Burung ini termasuk burung kelas atas yang peminatnya tetap stabil. Ini bisa dilihat dari banyaknya komunitas pecinta Burung Murai Batu di setiap kota yang ada di Indonesia. Komunitas yang sering mengadakan acara dan sesi berbagi bersama tentang berbagai hal mengenai Burung Murai Batu.

4. Burung Pleci

Jenis burung terakhir yang bisa Anda pelihara di rumah ialah Burung Pleci. Dulunya, burung ini dipandang sebelah mata, karena kicuannya yang tidak semerdu burung-burung kicau lainnya.

Namun, bila dilatih dengan kesabaran dan ketelatenan, burung satu ini memiliki suara khas yang indah dan unik. Perawatan Burung Pleci juga tergolong mudah dan bisa jadi pilihan para pemula.

5. Burung Jalak Suren

Burung Jalak suren diyakini mampu menjadi penjaga rumah yang handal. Burung Jalak Suren peka terhadap situasi sekelilingnya kemudian memberikan efek suaranya yang keras dan bervariasi sehingga jika dipelihara di rumah layaknya mempunyai anjing penjaga.

Burung yang satu ini memang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Tidak heran bila burung ini dapat menirukan suara manusia dan juga meniru suara burung-burung lain. Tak hanya itu, Jalak Suren juga mampu meniru dengan mudah suara-suara nada binatang-binatang kecil seperti belalang ataupun jangkrik.

Suara Jalak Suren sangat indah, keras dan bervariasi. Walau badannya cukup besar, burung yang satu ini juga sangat lincah. Bila dilatih, burung Jalak Suren bisa sangat jinak bahkan tak perlu dikurung dalam sangkar. Anda tertarik?

Itulah jenis-jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh sebagian besar masyarakat Indonesa. Semoga informasi di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih burung yang tepat.(M Zezen Zainal M)

 

Editor : M Zezen Zainal M

Comment