by

400 Siswa SD Terjebak Saat Banjir Bandang Terjang Ujungberung Bandung, Ini Kesaksian Kepala Sekolah

BandungKita.id, BANDUNG – Gedung perpustakaan SDN 106 Ajitunggal Cijambe jebol akibat dihantam arus kali Cicalobak, Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Arus tersebut disinyalir disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Ujung Berung dan sekitarnya sejak Senin siang.

“Jebolnya jam 15.15 WIB. Yang jebol (gedung) perpustakaan. Buku habis, buku baru-baru yang baru beli kebawa air semua,” ujar Kepala SDN 106 Cijambe, Dwi Windiarti saat ditemui di lokasi, Senin (1/4/2019).

Selain gedung perpustakaan, Dwi menjelaskan ada beberapa gedung kelas, lemari, bangku dan meja belajar ikut rusak.

“Tujuh ruangan kelas yang terendam. Bangku dan lemari rusak semua. Dan beberapa ruangan yang dekat dengan aliran sungai,” kata Dwi.

Dwi mengatakan, banjir yang mengepung sekolah dasar itu, terjadi saat proses belajar mengajar. Dia mengaku pihaknya langsung mengamankan siswa yang terjebak.

“Anak-anak sedang di dalam kelas. Kurang lebih 400 siswa yang terjebak. Yang sedang belajar itu kelas siang. Kelas 3, 4 dan 5,” tuturnya.

Dwi memastikan, siswa siswinya selamat dan tidak ada korban jiwa. Sementara, pihaknya akan meliburkan kegiatan mengajar selama dua hari untuk proses evakuasi sisa sisa banjir.

“Kalo ada yang hilang mungkin orang tua sudah panik dan melapor ke kita. Tapi tidak ada. Sementara, kita belajar di rumah dulu dua hari,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Ujung Berung, Taufik,  menduga hujan yang mengguyur wilayah tersebut selama kurang lebih dua jam menjadi sebab jebolnya tanggul kali Cicalobak.

“Kita sudah koordinasikan dengan PU Pengairan. Mudah-mudahan bisa diberonjong untuk sementara,” kata Taufik.

Dia mengatakan, banjir bandang yang melanda Kelurahan Pasir Endah, merendam dua sekolah dasar. SDN 106 Ajitunggal dan SDN Cijambe.

“Beberapa rumah juga terkena banjir disertai lumpur. Untuk kerugian, kita belum menghitung,” pungkasnya. (Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment