by

Menjelang Ramadan: Harga Bawang Merah Naik, Cabai Rawit Hijau Anjlok

BandungKita.id, GARUT – Menjelang masuk bulan suci Ramadan, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Induk Ciawitali, Garut, mulai mengalami kenaikan.

Menurut Rinda Rabanda (35), salah seorang pedagang sayuran menyebut, kenaikan harga sudah sulit dihindari. Meski ada imbauan dari pemerintah, namun masalah harga pasar tidak bisa diatur begitu saja.

Salah satu yang mengalami kenaikan yakni bawang merah. Normalnya, harga bawang merah berada di kisaran Rp 20 ribu per kilogram. Namun dua pekan jelang Ramadan harganya tembus ke angka Rp.28 ribu per Kg.

“Kemungkinan akan terus naik harganya. Biasanya jelang Ramadan dan mendekati lebaran akan naik harganya,” ucap Rinda, Rabu (24/4/2019).

Harga bawang merah sempai mencapai Rp 32 ribu hingga Rp.35 ribu per Kg, sebelum Pemilu. Namun, pascapemilu harganya mulai perlahan turun kembali.

“Harganya turun sedikit setelah ada bawang impor. Tapi tetap tidak bisa membuat harga normal,” ujarnya.

Baca juga:

Lagi, Kasus Pemalakan di Gunung Guntur Kembali Terjadi

 

Sementra itu, harga cabai rawit hijau yang saat ini tengah memasuki panen raya harganya anjlok dari Rp.32 ribu per Kg menjadi Rp 15 ribu per Kg.

“Anjloknya harga cabai rawit hijau dipicu panen raya. Pasokannya cukup berlimpah dan daya beli juga turun,” katanya.

Harga bawang putih juga ikut naik menjadi Rp.35 ribu per Kg. Rinda memprediksi, harga-harga akan terus meningkat mendekati bulan Ramadan. Banyak masyarakat yang berbelanja untuk persiapan awal Ramadan.

“Harga bahan yang lain kayak telur, daging saya pantau juga sudah mulai naik. Tapi belum drastis,” ucapnya.***(M Nur el Badhi)

Editor: Restu Sauqi

Comment