oleh

Gelombang Tinggi di Selatan Jawa Barat Capai 3,50 Meter, BMKG Berikan Peringatan Dini

BandungKita.id, BANDUNG – Cuaca Bandung Raya pada siang ini diprediksi mengalami hujan ringan. Demikan disampaikan BMKG dalam akun resminya, Senin (13/5/2019).

“Pada umunya cerah berawan pada pagi hari dan dini hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang, sore dan malam hari,” ujarnya.

Kondisi tersebut dipicu oleh kelembapan udara Jawa Barat yang berada pada ketinggian 3 km atau 700 mb. Sehingga mendukung pertumbuhan awan hujan di Bandung dan sekitarnya.

“Kelembapan udara berkisar 59 persen hingga 93 persen,” jelas BMKG.

Terdapat sirkulasi siklonik di sebelah barat Padang, nabire dan tekanan udara di Philipina dan sebelah timur Vietnam.

“Selain itu kecepatan angin di Jawa Barat berkisar 27,36 km/jam,” sebut BMKG.

Sedangkan suhu udara berkisar antara 20,6 derajat celsius hingga 29,8 derajat celsius dan arah angin pada umunya dari arah timur.

“Arah angin dari timur dengan kecepatan 05-18 km/jam,” katanya.

Sementara itu pada informasi kemaritiman, BMKG menyebut perairan utara Jawa Barat mencapai 0,25 meter dan sebelah selatan mencapai 3,50 meter. Untuk itu BMKG memberikan peringatan dini terhadap masyarakat yang berada di pesisir dan beraktivitas di laut.

“Waspada hujan durasi si gkat dan tinggi gelombang maksimum di perairan selatan Jawa Barat yang bisa mencapai 3,5 meter,” sebutnya. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: BMKG

Komentar