by

Redam Kericuhan di Manokwari, Mendagri Minta Kepala Daerah Menahan Diri

Bandungkita.id, JAKARTA – Dalam rangka meredam aksi masa yang berjung ricuh di Manokwari, Papua Barat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap kepala daerah bisa menahan diri dan tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat memicu emosi warga.

“Kami minta kepada para pejabat baik gubernur, bupati, wali kota maupun perangkat untuk menahan diri. Tidak terlalu mengumbar berbagai pernyataan yang bisa menimbulkan emosi warganya,” kata Tjahjo seperti dilaporkan kantor berita Antara, Senin (19/8/2019).

Baca juga:

Unjuk Rasa di Manokwari Papua Barat Ricuh : Gedung DPRD Terbakar

 

Menurut Tjahjo, pihaknya telah membentuk tim monitoring sejak munculnya aksi mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

Tjahjo menyatakan, pihaknya mendukung upaya Gubernur Papua Barat Dominggung Mandacan, Gubernur Papua Lukas Enembe, termasuk Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansa untuk duduk bersama. Awalnya, Kemdagri bakal memanggil ketiga gubernur tersebut.

“Tapi kita minta kepada gubernur Papua untuk kembali ke tempat dulu. Untuk menenangkan. Kita cari momen yang tepat dulu. Untuk setidaknya menyelesaikan masalah yang ada. Sebenarnya besok pagi (panggil),” ujar Tjahjo.***

Comment