Solein, Makanan Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Air, Listrik, dan Udara

BandungKita.id, SAINS – Sebuah perusahaan di Finlandia yang bergerak di bidang pangan, Solar Foods menciptakan sebuah makanan futuristik protein yang dinamai Solein.

Makanan unik berbentuk gandum tersebut terbuat dari air yang dialiri listrik, kemudian menghasilkan gelembung karbondioksida dan hydrogen.

Sebelum hasil akhir, mikroba dicampurkan terlebih dahulu hingga berfermentasi seperti minuman alkohol. Olahan fermentasi itulah yang menghasilkan Seloin.

Seloin berbentuk kering seperti tepung gandum dan mengandung 50% protein. Makanan futuristic ini bisa digunakan oleh berbagai jenis makanan atau dicetak dalam berbagai bentuk.

BACA JUGA:

2019 Jadi Tahun Terpanas Sepanjang Sejarah

 

Hazel China, Pohon Cantik Bak Senjata Abad ke-19

 

“Ini merupakan protein yang sangat unik dan berbeda dari produk lainnya. Jenis makanan baru ini tidak dihasilkan dari proses agrikultur atau akuakultur konvensional,” ujar Chief Executive Solar Foods Dr. Pasi Vainikka seperti dilansir dari Liputan6.com

Solar Foods mengklaim Solein makanan yang ramah lingkugan. Sebab, dalam proses pembuatannya dapat menghemat energi 10 kali dibanding pertanian atau peternakan konvensional. (Fitri MJ/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment