by

Perluas Penyaluran, Baznas Garut Targetkan ZIS Rp 8,8 Miliar Tahun Ini

BandungKita.id, GARUT – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, terus genjot pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh (ZIS). Hal itu dilakukan lantaran Baznas Garut tahun ini mematok target pengumpulan ZIS sebesar Rp8.8 miliar.

Ketua Baznas Kabupaten Garut, Aas Kosasih, mengatakan, untuk mengejar target sebesar itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi perlunya dan manfaat pembayaran zis kepada masyarakat.

“Selain sosialisai yang terus kita lakukan, kita juga bentuk unit pengumpulan zakat (UPZ) di SKPD, dan embrio UPZ di desa dan kelurahan,” tuturnya, Rabu (28/8/2019).

Disamping itu, kata Aas yang belum genap 3 tahun memimpin Baznas, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan studi banding ke Kabupaten Indramayu, yang berhasil mengumpulkan zakat dari masyarakat umum Rp 700 juta per bulan.

BACA JUGA:

Merasa Dilecehkan Saat Terjaring Razia Satpol PP Kota Bandung, Istri Aceng Fikri Bakal Lapor Komnas Perempuan

 

Sedangkan di Garut sendiri pengumpulan terbesar 80 persen dari aparatur sipil negara (ASN).

“Malah kita sudah rencanakan kerja sama dengan Pemkab Garut itu, untuk menfumpulkan zakat dari para rekanan pengusaha jasa kontruksi. Mereka yang mendapat proyek pekerjaan dari Pemda, supaya membayar zakatnya lewat Baznas. Sehingga targer kita tahun ini bisa tercapai, potensi zakat dari mereka ini cukup besar,” imbuhnya.

Penyaluran ZIS yang terkumpul lanjut Aas, akan direalisasikan pada program yang sudah ada. Diantaranya, Garut Cerdas, Garut Makmur, Garut Sehat, Garut Taqwa, dan Garut Peduli.

Selain itu, ZIS juga akan diberika untuk para guru honorer setiap bulannya.Sebab pengumpulan zakat terbesar saat ini didapat dari Dinas Pendidikan.

BACA JUGA:

Pendidikan Gratis Bagi MA dan SMA di Jawa Barat Ditargetkan Mulai Tahun 2020

 

Lebih lanjut Aas yang mantan anggota DPRD Garut tersebut, mengungkapkan, mulai tahun ini Baznas tampil membantu masyarakat yang tidak terjamah oleh program pemerintah.

“Pemerintah iti anggarannya terbatas. Mulai tahun ini Baznas tampil dengan Lapad Ruhama, yaitu layanan aktif rumah harapan masyarakat. Sehingga orang yang tidak mampu yang membutuhkan layanan kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya, akan kita bantu dengan program Lapad Ruhama ini,” ujarnya. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

 

Editor: Dian Aisyah

Comment