by

Setahun yang Luar Biasa, BandungKita.id Moving Forward

BandungKita.id Tepat Berusia Satu Tahun 22 September 2019 Ini

 

BandungKita.id, BANDUNG – Hari ini, Minggu 22 September 2019, merupakan hari yang spesial buat BandungKita.id. Apa pasal? Sebab, 22 September 2019 ini, BandungKita.id tepat berusia 1 tahun.

Bila dianalogikan bayi, BandungKita.id ibarat bayi yang baru lahir dan hendak belajar berjalan dan sedang belajar berbicara. Namun, ternyata di usia kami yang baru seumur jagung itu, pencapaian kami lebih dari itu. Pencapaian kami melebihi ekspektasi kami maupun ekspektasi banyak pihak.

Kami pun sering terkaget-kaget dengan perkembangan pesat BandungKita.id. Sejumlah kawan kami yang juga orang media menyatakan “Tak banyak media yang sering bikin gempar dan sepesat BandungKita.id perkembangannya. Kalian fenomenal. Luar biasa. Terus tingkatkan,” ujar sejumlah kawan kami tersebut.

Kami juga berulangkali mendapat atensi besar dari para pembaca setia kami serta visitor baik lewat pesan singkat, media sosial, maupun surat elektronik atau email. Tak sedikit yang menyatakan kegembiraannya atas sepak terjang kami selama ini yang berani mengungkapkan kebenaran, berbicara benar dan objektif, serta mengungkap hal-hal tersenyembunyi yang selama ini seolah disembunyikan kepentingan serta kekuasaan.

Oleh para pembaca, BandungKita.id pernah dicap sebagai media yang masih berani menyuarakan amar ma’ruf nahi munkar di tengah hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap media-media mainstream yang sebagian kebablasan ikut berpolitik praktis, ikut dukung mendukung dan memframing habis calon-calon jagoannya demi kekuasaan.

Tampilan wajah website BandungKita.id. BandungKita.id kini berusia satu tahun setelah terbit pertama kali pada 22 September 2018 (M Zezen Zainal M/ BandungKita.id)

 

Sebagai media yang baru lahir, kami dibuat tercengang dengan peningkatan signifikan jumlah pembaca atau visitor situs berita kami dalam beberapa bulan terakhir. Berdasarkan data google analytics yang kami miliki, jumlah visitor kami pada Agustus lalu rata-rata mencapai 60 ribuan visitor per hari atau sekitar 300-400 ribuan visitor setiap pekannya.

Indikator lainnya juga dengan terus meningkatnya kepercayaan pemasang iklan baik instansi pemerintahan maupun pihak swasta di BandungKita.id. Kepercayaan ini akan kami jaga baik-baik bahkan akan terus kami tingkatkan.

Pencapaian yang diraih BandungKita.id tersebut bukanlah karena kami hebat. Bukan karena kami luar biasa. Bukan! Hal itu terjadi karena Allah SWT selalu memudahkan langkah kami. Kami tak ada apa-apanya, tanpa adanya campur tangan Yang Maha Kuasa. Kami juga semakin menyadari kemiskinan kami akan ilmu dan kelemahan kami tanpa adanya bantuan dan kasih sayang Sang Maha Pencipta.

Kami bersyukur karena telah menginjak satu tahun masa perjalanan BandungKita.id. Apa yang telah kami capai harus kami tingkatkan. Sedangkan apa yang belum kami capai akan terus kami perjuangkan. Dan apa yang menjadi kekurangan akan kami perbaiki.

Evaluasi dan introspeksi merupakan inti dari refleksi perjalanan satu tahun BandungKita.id.

BACA JUGA :

Setahun Aa Umbara-Hengky, Apa Saja yang Sudah Dilakukan? Ini Penilaian Warga KBB

 

 

Satu Tahun Oded-Yana, Apa Saja yang Sudah Dilakukan untuk Warga Bandung? Ini Reportasenya

 

Pesatnya perkembangan teknologi digital membuat kami harus selalu berinovasi dan menyesuaikan dengan keinginan serta minat pembaca khususnya generasi milenial dan kalangan muda lainnya yang menghendaki konten dan informasi-informasi cepat, akurat, khas, menarik dan tidak membosankan.

Oleh karena itu, BandungKita.id yang berada di bawah naungan PT Bandung Kita Mediatama, juga fokus menyentuh generasi milenial dan generasi Z dengan menyajikan berbagai konten yang inspiratif, memotivasi serta unik dan menarik bagi kalangan muda yang akrab dengan gadget dan teknologi digital.

Nama BandungKita.id sengaja dipilih karena kami ingin menjadi bagian tidak terpisahkan dari perubahan dinamis warga Bandung Raya dan Jawa Barat yang tengah bermetamorfosis menjadi warga dan citizen yang memiliki rasa memiliki tinggi terhadap kota dan daerahnya masing-masing.

Sudah banyak suka duka kami lalui selama setahun ini. Onak dan duri seringkali berada di setiap langkah kami. Halangan dan rintangan sudah biasa menyapa. Kesedihan, tangisan, kekecewaan, kegundahan hingga kegagalan sudah menjadi sahabat setia kami.

Tak jarang kami pun terlibat dalam “perdebatan hebat” yang seringkali membawa kami ke “jurang perpecahan” di internal kami. Itu semua terjadi tentu saja karena kami masih “bayi” yang masih belum tahu apa-apa. “Bayi satu tahun” yang langsung beradu lari dengan “anak-anak” yang sudah “dewasa” dan kenyang pengalaman.

Namun berkat syukur tiada henti dan bimbingan Yang Maha Mengetahui, kami berhasil melalui berbagai kesulitan dan cobaan yang menerjang tiada henti. Namun seperti kata pepatah, badai pasti berlalu. Hujan pun pasti reda. Alhamdulillah badai-badai besar sudah berhasil kami lewati. Namun di depan, tidak ada jaminan tak ada badai lagi.

Dengan bekal setahun yang luar biasa ini, insya Allah kami lebih siap menghadapi setiap badai yang datang menghadang kapal kami. Bahkan badai lebih besar sekali pun. Kini kapal kami lebih kokoh dan tahan goncangan. Layar kami semakin lebar dan gagah sehingga laju bahtera kami pun bisa lebih cepat.

Kami juga melengkapi penghuni kapal kami dengan amunisi lengkap. Seluruh reporter kami sudah mengikuti dan lolos uji kompetensi wartawan (UKW) yang disyaratkan Dewan Pers. Begitu pun dengan para redaktur atau editor kami. BandungKita.id pun tengah menanti verifikasi faktual Dewan Pers. Meski “anak baru”, amunisi kami lumayan lengkap.

Sebagian kru dan direksi BandungKita.id (dok BandungKita.id)

 

BandungKita.id akan menatap masa depan yang penuh tantangan dengan lebih optimis. BandungKita.id moving forward. Tak hanya itu, kerja keras dan teamwork kami pun akan terus disempurnakan karena kami bertekad dapat menaklukkan setiap badai yang datang. Meski kaki kami masih ringkih, kami bertekad dapat segera mengejar “anak-anak dewasa” yang sudah lebih dulu berlari dari garis start.

Kami memiliki visi besar yaitu menjadi media online terbesar, kredibel dan paling berpengaruh di Jawa Barat yang menjadi rujukan atau referensi utama bagi pembaca, pemasang iklan, pengusaha, pemerintah, dan stake holders lainnya.

BACA JUGA :

Setahun Memimpin Kota Bandung, Oded Sampaikan Ini untuk Warga Bandung

 

Dengan segala potensi yang kami miliki dan kemauan untuk terus belajar dan bekerja keras, kami meyakini suatu saat kami akan mampu menyalip “anak-anak dewasa” yang berlari di depan kami lebih dulu. Seperti halnya diungkapkan satu almahfudzat (pepatah) Arab, Man Jadda wajada, barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan berhasil.

Namun tetap, tak ada gading yang tak retak. Segala sesuatu pasti ada kekurangan. Begitu pula dengan kami. Kami tentu saja tak ada apa-apanya tanpa kepercayaan (trust) dan dukungan dari para pembaca dan visitor yang kami anggap sebut sebagai sobatkita.

Oleh karena itu, pada momen berbahagia ini kami ingin menghaturkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh pembaca setia kami, para sobatkita, netizen, pemerintah pusat, kementerian, Pemprov Jabar, pemerintah daerah khususnya di wilayah Bandung Raya dan Jawa Barat, para pemasang iklan, para narasumber kami, serta seluruh pihak atas kepercayaan dan dukungan yang luar biasa sehingga BandungKita.id bisa berada pada posisi saat ini. BandungKita.id moving forward. BandungKita.id terus bergerak maju. (Pemimpin Redaksi BandungKita.id/ Mohammad Zezen Zainal M)

Comment