oleh

Tidak Bikin Gemuk, Inilah 7 Tips Agar Makan Malam Anda Tetap Sehat

BandungKita.id, HEALTH – Banyak orang yang menghindari makan malam karena dianggap dapat menambah berat badan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Makan malam tetap diperbolehkan bahkan dianjurkan selama dijalani dengan cara yang benar. Nah, ini dia 7 tips yang bisa buat kamu tetap bisa makan malam dengan sehat yang telah dirangkum BandungKita.id dari berbagai sumber :

BACA JUGA :

Sering Kerja Shift Malam ? Inilah 6 Tips Agar Tubuh Anda Tetap Fit

 

1. Jangan makan setelah pukul 21.00

Hal ini terkait dengan jam biologis usus, saat memasuki pukul 09.00 malam maka usus akan mulai beristirahat. Kalau kamu makan setelah waktu ini maka tubuh tidak akan maksimal dalam mencerna makanan yang kamu konsumsi. Hal ini menyebabkan lemak lebih mudah menumpuk di tubuh kamu selain itu kamu lebih berisiko mengalami kembung.

2. Jangan makan makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas pada malam hari akan memaksa saluran pencernaan bekerja penuh, dalam kondisi seharusnya istirahat. Kondisi seperti ini akan membuat perutmu tidak nyaman dan membuat istirahat malam kamu terganggu. Akhirnya malah membuat kamu bangun dalam kondisi perut kembung dan tidak segar.

3. Ganti nasi putih dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat

Tips ini bisa kamu lakukan agar tubuh kamu terhindar dari asupan karbohidrat yang berlebihan. Nasi putih dapat kamu gantikan dengan nasi merah atau roti gandum.

Dua sumber karbohidrat ini lebih tinggi serat sehingga bisa melancarkan organ pencernaan dalam bekerja. Selain itu kandungan serat yang tinggi dapat mencegah kamu lapar tengah malam.

BACA JUGA :

Apa Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan ? Begini Penjelasan Para Ahli

 

4. Perbanyak buah dalam menu makan malammu

Buah adalah jenis makanan berkalori rendah namun sangat menyehatkan karena mengandung serat serta vitamin yang diperlukan tubuh. Buah yang cocok dijadikan menu makan malam adalah yang rendah karbohidrat, berserat tinggi dan memiliki kadar air yang tinggi seperti melon dan blewah. Serat yang terkandung dalam jenis buah ini dapat membuat metabolisme tubuh meningkat ketika tubuh mencerna buah ini.

Namun harus diperhatikan bahwa ada beberapa jenis buah yang tidak cocok dimakan saat malam karena mengandung banyak gas yang bisa membuat perut kembung, seperti apel, mangga, dan blackberry.

5. Jangan makan lagi setelah makan malam

Kebiasaan yang tidak sehat dan bisa membuat berat badan naik adalah makan lagi setelah makan malam. Apa lagi kalau makanan yang dimakan adalah makanan yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi seperti biskuit, es krim, keripik, dan gorengan.

Berusahalah sekeras mungkin agar tidak memakan makanan seperti itu pada malam hari karena makanan dengan kadar gula dan lemak yang tinggi sangat susah dicerna khususnya pada malam hari. Sehingga akhirnya lemak mudah tertumpuk di tubuhmu.

BACA JUGA :

4 Pilihan Teh Terbaik yang Bisa Kamu Nikmati Sebelum Tidur

 

6. Kalau masih lapar, gantilah cemilanmu dengan cemilan rendah kalori

Kalau kamu tipe yang selalu ingin ngunyah, maka gantilah cemilanmu dengan cemilan yang lebih sehat seperti, buah ceri, es lemon tanpa gula, wedang jahe, biskuit gandum dan kurma.

7. Sikat gigi setelah makan malam

Dalam kurun waktu 45 menit setelah makan malam biasakanlah sikat gigi. Ini dapat membuat mulutmu lebih segar sehingga kamu bisa lebih mengendalikan nafsu makanmu khususnya nafsu makan buat makanan yang berlemak dan berminyak. (Azmy Yanuar Muttaqien)

 

Dilansir dari berbagai sumber

Komentar