oleh

Sering Kerja Shift Malam ? Inilah 6 Tips Agar Tubuh Anda Tetap Fit

BandungKita.id, HEALTH – Pegawai pada umumnya bekerja dari pagi hingga sore atau malam hari. Tapi, ada juga diantaranya yang baru mulai bekerja pada malam hari atau disebut shift malam.

Bekerja di malam hari tentu akan memberi sedikit pengaruh terhadap kesehatan tubuh, karena tubuh sudah terbiasa untuk aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari. Pekerja malam juga berisiko terjangkit penyakit serius yang diakibatkan pola hidup yang tidak sehat.

Pekerja malam biasanya cenderung memiliki pola hidup tidak sehat, misalnya mengkonsumsi banyak minuman berkafein agar tetap terjaga hingga pagi, ngemil makanan instan di tengah malam, melewatkan jam makan sehingga organ pencernaan pun terganggu, dan lain-lain.

BACA JUGA :

Apa Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan ? Begini Penjelasan Para Ahli

 

Ini Dia 11 Manfaat Minum Air Putih Hangat Tiap Hari

 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang sering terjaga semalaman lebih berisiko mengidap kanker jenis tertentu, diabetes, penyakit jantung, obesitas dan gangguan kognitif.

Selain itu, tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga pada malam hari yang idealnya menjadi waktu beristirahat, menyebabkan banyak pekerja malam mengalami insomnia. Berikut tips-tips kesehatan bagi kamu yang bekerja pada malam hari yang telah dirangkum BandungKita.id :

1. Jaga Pola Makan Tetap Sehat

Sebelum pergi bekerja, pastikan kamu mengonsumsi makan malam agar kamu memiliki energi dan bisa fokus bekerja di malam hari. Jika kamu baru makan ketika sampai di kantor dan mengonsumsi makanan dalam porsi besar pada malam hari, kamu berisiko mengalami heartburn, perut bergas, dan sembelit.

2. Bawa Camilan Sehat

Siapkan camilan sehat untuk dibawa ke kantor, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau havermut agar ketika kamu lapar di malam hari, kamu tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti mi instan atau gorengan.

BACA JUGA :

4 Cara Tingkatkan Stamina Tubuh Agar Tak Gampang Lelah

 

3. Minum Kafein dengan Bijak

Minuman berkafein memang dapat membuat kamu merasa berenergi dan bantu tetap fokus selama bekerja di malam hari. Tapi, perhatikan asupan kafein agar jangan sampai lebih dari 400 miligram per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi biasa. Kamu juga disarankan untuk minum kopi hitam tanpa gula agar kamu terhindar dari diabetes. Perhatikan juga waktu minum kopi, karena pengaruh kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 8 jam. Jadi, hindari minum minuman berkafein 4 jam sebelum tidur agar pola tidur tetap terjaga.

4. Olahraga Pagi

Setelah lelah bekerja sepanjang malam, olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin kamu lakukan di pagi hari. Tapi Chelsea Caracciolo, seorang pendidik klinis di sebuah rumah sakit di Boston, mengungkapkan bahwa olahraga pagi bermanfaat untuk membuat kamu tidur lebih nyenyak dan lama. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, dengan berjalan kaki atau berlari kecil saja sudah bisa membuat tubuh terasa lebih segar .

BACA JUGA :

Jalan Kaki Yuk! Ini 7 Manfaat Luar Biasa Jalan Kaki 30 Menit Sehari

 

5. Usahakan untuk Tetap Makan Sehat

Pulang bekerja dalam keadaan lelah dan ngantuk pasti membuat kamu merasa sangat malas jika harus memasak makanan lagi untuk sarapan. Kebanyakan pekerja malam pun memilih untuk mengonsumsi makanan yang praktis seperti junk food dan makanan instan setelah mereka selesai bekerja. Tapi bagaimana pun, usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Jika kamu malas memasak setelah pulang bekerja, kamu bisa memasak makanan pada malam hari sebelum bekerja. Jadi, sepulang bekerja, kamu tinggal menghangatkan makanan tersebut saja untuk sarapan.

6. Jaga Waktu Tidur

Avani Desai, dokter gawat darurat di Loyola University Health System mengungkapkan bahwa tidur pada jam yang sama setiap hari adalah sesuatu yang sangat penting, terutama pada 4 jam pertama waktu tidur kamu. Jadi, jika kamu sampai rumah jam 6 pagi, usahakan untuk tidur jam 8 pagi setelah berolahraga ringan, makan, dan mandi. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap hari. Tapi jika tidak bisa, tidurlah minimal 4 jam, kemudian kamu bisa melanjutkan tidur pada siang hari. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Komentar