oleh

Hari Anak Internasional, Sejumlah SD Soreang Ajak Siswanya Belajar di Taman Perpustakaan Pemkab Bandung

BandungKita.id, SOREANG – Puluhan siswa dari berbagai Sekolah Dasar (SD) di wilayah Soreang, Kabupaten Bandung, memanfaatkan Taman Perpusatakaan di Komplek Perkantoran Pemkab Bandung untuk mengisi kegiatan sehari belajar di luar kelas, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan sehari belajar di luar kelas ini, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Internasional. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), program ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

 

BCA JUGA :

Hari Anak Nasional : Angka Kekerasan Terhadap Anak Masih Tinggi

 

 

Seorang guru kelas 1 MI Nurul Huda Yamada Soreang, Inas Masitoh mengatakan, sebelum diprogramkan oleh kementerian, pihak sekolah dan guru memang sudah merutinkan belajar di luar kelas.

“Kebetulan ini hari anak internasional, karena memang sudah kami lakukan rutin, jadi kebetulan perayaannya pas bersamaan dengan sekolah-sekolah lainnya,” kata Imas.

Imas dan sejumlah guru kelas MI Nurul Huda Yamada memang sengaja membawa para siswanya belajar di sekitar lokasi Taman Perpustakaan. Menurut dia, selain jarak dari sekolah yang cukup dekat, Taman Perpustakaan bisa dimanfaatkan para siswa untuk belajar, membaca, sekaligus bermain.

“Agar tidak jenuh, maka anak harus sering diajak belajar diluar kelas. Metode ini saya rasa cukup efektif merangsang siswa supaya tambah giat lagi belajarnya,” ujar dia.

 

BACA JUGA :

Google Doodle Rayakan Hari Anak Internasional

 

 

Menurut Imas, MI Nurul Huda Yamada kali ini hanya membawa 5 rombongan belajar siswa kelas 1 dan 2 untuk belajar di luar kelas. Untuk jadwal belajar di luar kelas, kata Imas, biasanya bergantian.

Sementara itu, selain di Taman Perpustakaan Komplek Perkantoran Pemkab Bandung, MI Nurul Huda Yamada biasanya membawa siswanya belajar di luar kelas ke beberapa tempat. Bahkan siswa biasanya diajak untuk melakukan aktifitas hiking.

“Kegiatan belajar di luar kelas ini rutin diagendakan setiap bulannya. Tapi karena sekarang hari anak, jadi di sini cukup ramai. Banyak sekolah lain yang datang dan mengajak siswanya belajar di luar,” ucapnya.(R Wisnu Saputra/BandungKita.id)

 

Editor : Azmy Yaniar Muttaqien

Komentar