oleh

Google Doodle Rayakan Hari Anak Internasional

BandungKita.id, BANDUNG – Ada yang berbeda dari tampilan halaman utama pencarian Google (Google Doodle), Sabtu (1/6/2019). Lambang Google berubah seperti beberapa orang anak yang tengah bermain pada sebuah wahana. Ilustrasi colorful itu juga menggambarkan seorang anak sedang membaca.

Ternyata tampilan tersebut disuguhkan dalam rangka memperingati Children’s Day atau Hari Anak Internasional setiap tanggal 1 Juni.

Dibeberapa belahan dunia, hari anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Baca juga:

Tampilan Google Hari Ini Berwajah Ahli Matematika Olga Ladyzhenskaya

Rayakan Hari Guru Nasional, Logo Google Berubah Jadi Bola Dunia Berkacamata

 

Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Di tahun 1925, Hari Anak Internasional ditetapkan guna menarik perhatian dunia pada deretan isu yang berdampak pada anak.

Dilansir Liputan6.com, perwaklian negara-negara yang hadir saat itu mengenali kalau orang dewasa memiliki utang untuk memberi bekal terbaik pada anak-anak, Sebagai hasil, konferensi tersebut mengadopsi Dekrasi Geneva tentang Hak-hak Anak.

Pertama, menyediakan perbekalan anak untuk tubuh, baik secara material maupun spiritual. Kedua, anak yang lapar harus diberi makan, anak yang sakit mesti mendapat penanganan medis, anak yang memiliki keadaan kurang normal harus diberi pertolongan, anak yang bermasalah dengan hukum harus dibantu, dan anak yatim piatu harus memiliki tempat berteduh yang layak.

Ketiga, anak harus mendapat perlakuan tepat di masa-masa tersulit. Keempat, anak harus diletakkan di posisi ia bisa berkembang dengan baik, tanpa adanya eksploitasi. Terakhir, anak harus terus diingatkan kalau keahlian mereka harus berguna bagi masyarakat.***(Restu Sauqi)

Komentar