Dinilai Peduli UMKM, Universitas Widyatama Sabet Penghargaan Markplus

BandungKita.id, BANDUNG – Salah satu fungsi Perguruan Tinggi adalah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fungsi tersebut telah dilakukan oleh Universitas Widyatama dengan meneliti berbagai hal terkait usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hasilnya, Universitas Widyatama mendapat penghargaan dalam kategori Reseach and Accademian dari Internasional Cource for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2019 dan Markplus.

Penghargaan diserahkan oleh Fasilitator Markplus Institut Dimas Soerodjo dan diterima Rektor Universitas Widyatama Prof H Obsatar Sinaga pada gelaran Galang UMKM Indonesia edisi ke-4 menuju UMKM Brilian, di Kabupaten Bandung Barat.

Obsatar mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Widyatama berkat banyaknya penelitian yang dipublish pada jurnal internasional, dengan substansi mengenai UKM (Usaha Kecil Menengah).

“Karena itu mereka mengganggap Widyatama memiliki kehirauan yang tinggi terhadap perkembangan UKM,” ujar Obsatar dalam keterangan tertulis yang diterima BandungKita, Jumat (15/11/2019).

BACA JUGA :

Selain Ijazah Kelulusan, Mahasiswa Universitas Widyatama Dibekali Sertifikat Keahlian

 

 

Dinilai Perlu Tingaktkan Pengetahuan, BUMDes Se-Kabupaten Bandung Ikut Pelatihan Perpajakan

 

 

Ia mengatakan, ICSB menilai Universitas Widyatama merupakan salah satu kampus yang melakukan pengabdian ke masyarakat tentang UKM, termasuk di wilayah Subang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Bandung dan lainnya.

Bentuk perhatian Widyatama sendiri di antaranya dalam membantu membuat kemasan produk agar terlihat menarik. Hal itu disesuaikan dengan karakteristik daerahnya masing-masing.

“Ada beberapa UKM yang tahu cara memproduksi namun sulit memasarkan. Bisa juga memasarkan tetapi tidak bisa membuat perbandingan harga karena packagingnya kurang bagus,” terang Obsatar.

Untuk itu pihaknya sudah memberi banyak masukan bagi UKM, terutama dalam membuat kemasan yang menarik untuk menaikan nilai jual produknya.

“Kebetulan di kami memiliki prodi marketing, desain grafis. Terkini mengenai packaging, technopark Kota Cimahi akan digarap oleh Fakultas Desain Komunikasi Visual, Universitas Widyatama,” kata Prof Obi, sapaan akrabnya.

BACA JUGA :

Wow! 10 Mahasiswa di Bandung ini Berhasil Terbitkan Jurnal Ilmiah International Terindeks Scopus

 

 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bisnis UKM sekarang lagi “booming”. Pemerintah pun menitik beratkan pada UMKM termasuk dalam menyuntikkan anggarannya.

“Hanya persoalannya apakah kemudian anggaran yang besar dari Kementerian UKM bisa terdistribusi dengan baik dan maksimal,” tuturnya.

Makanya menurut Obi pihak pemerintah perlu menggandeng perguruan tinggi untuk mengoptimalkannya, karena di perguruan tinggi banyak hasil riset tentang itu.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Markplus Mega mengatakan alasan pihaknya memberikan penghargaan kepada Widyatama, karena Widyatama banyak membantu para UKM di daerahnya.

“Kami sudah melakukan base research banyak kampus yang diajukan (dikurasi). Widyatama salah satunya, karena ada beberapa juga yang tidak lolos,” katanya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M