by

Intip 5 Ide Sarapan Sehat Ini untuk Bantu Membesarkan Otot

BandungKita.id, HEALTH – Selain dengan latihan beban, program membesarkan otot juga bisa dilakukan dengan makan makanan tertentu saat sarapan. Bila Anda sedang menjalani program membesarkan otot, simak penjelasan di bawah ini untuk mengatur makanan dan ide sarapan secara tepat.

Mengatur menu sarapan jadi salah satu cara untuk mendukung program membesarkan otot.

Pemenuhan nutrisi yang tepat mendukung performa dan kemampuan saat melakukan latihan intensitas tinggi. Nutrisi juga memegang peran penting untuk mencegah Anda cepat lelah dalam latihan.

Saat diet sehat ini dilakukan, tentu Anda jadi dapat lebih fokus dan kuat melewati satu tahap dan beranjak ke tahap yang lebih intens.

Nah, makanan yang Anda konsumsi saat sarapan memegang peranan penting untuk program membesarkan otot.

Berikut ide sarapan yang bisa diterapkan dalam program pembesaran otot:

1. Telur setengah matang

Ilustrasi telur setengah matang (foto:net)

Untuk membesarkan otot, Anda bisa makan makanan berprotein tinggi. Pilihlah telur sebagai menu sarapan Anda.

Ini kunci penting para atlet untuk membangun otot mereka. Pasalnya, protein dapat memperbaiki dan menjaga jaringan otot.

Melansir laman Stamfordhealth, secara umum manusia membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram bobot badan mereka setiap hari (tergantung dari berat badan mereka).

BACA JUGA :

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Sarapan atau Mandi Dulu?

 

 

Ingin Menurunkan Berat Badan, Sebaiknya Sarapan atau Tidak Ya? Ini Penjelasannya

 

 

Sementara itu, para atlet perlu mengonsumsi 1,2 hingga 1,8 gram protein per kilogram bobot tubuh mereka, menyelaraskan intensitas dan durasi latihan mereka.

Untuk mencukupinya, konsumsilah sebutir telur saat sarapan karena menurut U.S. Department of Agriculture, di dalamnya terkandung 6,28 gram protein dan 72 kalori.

2. Oats

Oatmeal dan madu lulur (foto:net)

Setiap orang membutuhkan karbohidrat sebagai suplai energinya.

Oat merupakan salah satu karbohidrat kompleks yang nantinya akan dipecah menjadi glukosa. Bentuk inilah yang nantinya menjadi cikal bakal sumber energi tubuh.

BACA JUGA :

Ini Dia 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Disiapkan dalam 5 Menit Saja

 

 

Sarapan Itu Kunci Hari yang Produktif, Ini Manfaat dan Panduan Sehatnya

 

 

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama dipecah dibandingkan karbohidrat biasa, seperti roti, permen, atau soda. Hal ini membuat tubuh dapat berenergi lebih lama.

Oleh karenanya, oat bisa menjadi alternatif makanan untuk bantu membesarkan otot lewat menu sarapan. Selain dari oat, karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari brown rice ataupun ubi.

3. Ikan salmon

Ilustrasi ikan salmon (foto:net)

Dalam program membesarkan otot, sumber lemak yang sebaiknya dipilih yaitu lemak sehat. Pilih menu sarapan yang mengandung lemak sehat, misalnya ikan salmon, kacang-kacangan, dan alpukat.

Salmon misalnya mengandung asam lemak omega 3 yang mampu membangun otot tubuh dan menekan penumpukan lemak tubuh.

Dalam mengolah lemak sehat, usahakan untuk menggunakan cara memasak yang juga sehat, misal dengan merebus atau mengukusnya.

4. Buah Pir

Buah pir menjadi salah satu buah yang bisa membuat perut kembung bila dikonsumsi terlalu banyak (foto:net)

 

Pir kaya akan antioksidan, flavonoid, serta serat. Buah ini dapat disertakan dalam makanan di pagi hari untuk mendukung program membesarkan otot karena dapat membantu meningkatkan energi.

Berkat kandungan seratnya, pir membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, pir dapat membantu mencegah obesitas dan melancarkan sistem pencernaan.

BACA JUGA :

Sudah Sarapan Tapi Kok Tetap Lapar? Belum Tentu Cacingan, Ini Penyebabnya

 

 

Ini Dia Nutrisi dan 5 Menu Sarapan untuk Ibu Hamil yang Enak, Sehat, dan Mudah Dibuat

 

 

Anda bisa menyertakan buah ini ke dalam menu makanan sehat di pagi hari untuk membantu program pembentukan otot tubuh.

5. Keju cottage

Ilustrasi keju cottage (foto:net)

Kelezatan keju cottage mudah digabungkan dengan beragam menu sarapan lainnya. Bisanya keju cottage disertakan dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.

Mengandung tinggi protein dan rendah kalori, keju ini memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama, sama seperti telur.

Sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa menyertakan produk susu dalam menu diet, dapat membantu menjaga berat tubuh. Terutama jika dikombinasikan dengan latihan rutin.

Kandungan kalsium dalam produk susu dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh, serta mengurangi akumulasi lemak tubuh.

Kini Anda tak perlu bingung lagi dalam memilih sarapan, jadikan daftar makanan ini sebagai inspirasi menu untuk bantu membesarkan otot.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat.com

Comment