by

Ini Dahsyatnya Manfaat Gerakan Salat Bagi Kesehatan Tubuh

BandungKita.id, HEALTH – Salat lima waktu adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Salat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi ternyata gerakan–gerakan salat adalah gerakan paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sisi medis, salat adalah gudangnya obat dari berbagai macam penyakit.

Selama ini salat yang dilakukan lima kali sehari oleh umat Islam, sebenarnya telah memberikan investasi kesehatan yang cukup besar bagi yang melakukan salat tersebut. Gerakan salat sampai dengan salam memiliki makna yang luar biasa baik untuk kesehatan fisik, mental bahkan keseimbangan spiritual dan emosional. Tetapi sayang hanya sedikit dari umat Islam yang memahaminya.

Setiap satu rakaat salat terdiri dari beberapa gerakan dan ternyata, setiap gerakan salat tersebut memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Ingin tahu manfaat gerakan sholat, silakan menyimak penjelasannya di bawah ini:

  1. Manfaat gerakan takbiratul ihram

Postur: berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar telinga, lalu mengucapkan Allahu Akbar

Manfaat gerakan sholat dimulai sejak gerakan takbiratul ihram. Gerakan takbiratul ihram memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis. Menurut Ahli Psikologi dari Belanda yaitu Professor Vander Hoven, kalimat takbir “Allahu Akbar” terbukti bermanfaat untuk mengobati masalah psikologis seperti dejection and tension.

Kalimat takbir “Allahu Akbar” bisa melapangkan sistem pernapasan dan mengontrol denyut jantung. Pengucapan kalimat takbir dilakukan bersamaan dengan pergerakan tulang rusuk dan bahu. Manfaat dari gerakan tulang-tulang rusuk dan gerakan bahu walau sedikit akan melebarkan rongga dada.

BACA JUGA :

Yuk Mulai! Ini Dia 10 Rahasia dan Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Apa Manfaat Shalat Tahajud Untuk Kesehatan ? Begini Penjelasan Para Ahli

Yuk Biasakan Berjamaah! Ini Dia 10 Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Rongga dada yang melebar ini menyebabkan tekanan udara di dalam rongga dada mengecil. Akibat positif dari tekanan udara yang mengecil adalah mudahnya udara masuk ke dalam tubuh dengan cepat. Manfaat gerakan sholat pada saat takbiratul ihram memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan pernapasan tubuh.

Selain itu, pada saat gerakan takbiratul ihram, otot diafragma juga akan terlatih. Hal ini merupakan sinergisme yang berdampak positif terhadap fungsi-fungsi fisiologis tubuh seperti fungsi otak, otot, organ tubuh, dan bagian tubuh lainnya. Pastikan telapak tangan Anda benar-benar menghadap ke kiblat.

2. Manfaat gerakan berdiri dalam shalat

Ilustrasi shalat berjamaah (foto:net)

Setelah gerakan takbiratul ihram maka selanjutnya akan disusul oleh gerakan kedua tangan yang dilipat di depan dada dan berdiri selama beberapa waktu. Pada saat berdiri di dalam shalat, telapak kaki akan menjadi tumpuan berat badan.

Berat badan yang menumpu di telapak kaki bisa merangsang titik-titik akupuntur pada telapak kaki. Hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh. Selain itu, ini juga bisa membuat kompaksitas susunan tulang-tulang penyangga tubuh menjadi rata.

Gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

3. Manfaat gerakan rukuk

Gerakan rukuk dalam shalat (foto:net)

Gerakan : Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

BACA JUGA :

Luar Biasa! Inilah 12 Rahasia dan Keutamaan Empat Rakaat Shalat Dhuha di Pagi Hari

Ini Makna 27 Derajat dalam Pahala Shalat Berjamaah

Manfaat: Postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot – otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

4. Manfaat gerakan i’tidal

Gerakan I’tidal (foto:net)

Gerakan : Bangun dari rukuk, tubuh kembali tegak setelah, mengangkat kedua tangan setinggi telinga.

Manfaat: Itidal adalah variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang baik. Organ organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya, pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Manfaat gerakan sujud

Ribuan warga mengikuti shalat subuh berjamaah di masjid Raya Jawa Barat (foto:istimewa)

Gerakan : Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai.

Manfaat: Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisamengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma’ninah, jangan tergesa – gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik rukuk maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Gerakan sujud merupakan simbol dari pengakuan bahwa manusia hanyalah seorang hamba Allah dan menunjukkan tunduknya seorang hamba pada penciptaNya, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala.

6. Manfaat gerakan duduk dalam sholat

Gerakan Tasyahud (foto:net)

Gerakan : Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy ( tahiyyat awal ) dan tawarruk ( tahiyyat akhir ). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki.

Manfaat: Saat iftirosy, kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih ( urethra ), kelenjar kelamin pria ( prostata ) dan saluran vas deferens.

BACA JUGA :

5 Rahasia Mengapa Rasululllah SAW Selalu Sehat dan Jarang Sakit

Bagaimana Hukumnya Tidur Saat Khutbah Jumat? Ini Jawaban Para Alim Ulama

Jika dilakukan. dengan benar, postur irfi mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ–organ gerak kita.

Manfaat gerakan sholat yang satu ini juga akan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri dan vena. Di samping itu, eluruh sendi yang ada di tungkai, kaki, dan jari jemari menjadi lentur, aktif, dan tidak kaku.

7. Manfaat gerakan salam

Gerakan salam (foto:net)

Gerakan: Memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal.

Manfaat gerakan sholat yang satu ini sangat terkait dengan bagian leher. Sekedar informasi, di dalam leher terdapat banyak bagian tubuh yang vital seperti saraf, kelenjar-kelenjar, pembuluh darah, otot-otot, tulang-tulang, dan lainnya.

Relaksasi otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan salam bisa menjaga bagian-bagian vital tersebut. Selain itu, gerakan salam memiliki manfaat untuk membuat leher menjadi lebih lentur. Manfaat gerakan salam juga bisa menguatkan otot-otot dan seluruh bagian leher. Hal ini bisa menurunkan risiko terjadinya penjepitan saraf di leher.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : Mukjizat Gerakan Shalat. Jakarta: QultumMedia, doktersehat.com

Comment