by

Ini Dia 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat di Pagi Hari

BandungKita.id, HEALTH – Meminum air hangat di pagi hari ketika perut masih kosong ternyata berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, air hangat dijadikan sebagai alat pengobatan tradisional di Tiongkok.

Lalu, apa saja ya manfaatnya? Dilansir dari berbagai sumber, yuk, simak di sini!

  1. Menurunkan berat badan
Ilustrasi (foto:net)

Meminum air hangat yang ditambahkan perasan jeruk lemon ternyata sangat ampuh untuk membakar banyak kalori dan membantu memecah lemak. Dampaknya, nafsu makan akan menurun dan hal ini lah yang membuat turunnya berat badan.

2. Mencegah penuaan dini

Kebiasaan minum air hangat saat perut kosong nyatanya dapat membantu mencegah penuaan dini. Ketika masuk ke dalam tubuh, air hangat akan berupaya untuk melakukan detoksifikasi racun-racun yang menumpuk dan mencegah hadirnya banyak penyakit. Selain itu, minum air hangat juga akan memperbaiki sel-sel dan elastisitas kulit.

3. Meningkatkan pencernaan

Ilustrasi (foto:net)

Selain ampuh menurunkan berat badan, meminum secangkir air hangat dengan perasan jeruk lemon juga mampu membersihkan tubuh dari racun yang memengaruhi kesehatan tubuh. Kandungan serat pektin yang larut dalam air akan menstimulasi sistem pencernaan.

4. Mencegah sembelit

Mengonsumsi air hangat juga bisa membantu meningkatkan gerakan usus serta melawan sembelit yang terjadi saat perut kembung. Hal ini menghilangkan keadaan rasa tidak nyaman di area perut.

BACA JUGA :

Ini 8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ini Dia 11 Manfaat Minum Air Putih Hangat Tiap Hari

Tak Hanya Bikin Segar, Ini 3 Khasiat Minum Air Lemon di Pagi Hari

5. Meredakan rasa sakit dan nyeri

Air hangat bisa menjadi salah satu obat alternatif yang baik untuk mengurangi rasa nyeri dan keram. Sebab suhu pada air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

6. Melancarkan aliran darah

Ilustrasi aliran darah lancar (foto:net)

Meminum air hangat dapat merangsang keluarnya racun dan timbunan lemak yang berada dalam tubuh. Racun tersebut akan ikut keluar bersama urine atau keringat dan meningkatkan sirkulasi aliran darah. Hal ini berdampak sangat baik karena mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA :

Bolehkah Minum Air Dingin Saat Flu? Ini Penjelasannya

Mengecilkan Perut dengan Minum Air Jeruk Nipis, Benarkah Terbukti?

7. Menenangkan sistem saraf

Bagi penderita arthritis disarankan meminum air hangat untuk meredakan sistem saraf. Ketika sistem saraf mulai terasa rileks, rasa sakit yang dialami akan segera mereda. Tidak hanya itu, bagi kamu yang sedang mengalami masalah juga cocok kok meminumnya.

Mengonsumsi air hangat pada dasarnya memang memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Namun, jangan mengonsumsi lebih dari 8 gelas/hari agar tidak menjadi bumerang. Sebab, hal tersebut justru dapat mengganggu sistem peredaran darah dan berisiko pada pecahnya pembuluh darah.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment