by

7 Minuman Tradisional yang Cocok Dinikmati Saat Hujan, Dijamin Badan Pun Hangat

BandungKita.id, KULINER – Akhir-akhir ini, sebagian besar wilayah Indonesia sedang diguyur hujan. Suhu udara mulai dingin. Tak jarang cuaca ini membuat kita sakit. Seperti pilek, demam, flu, dan masuk angin.

Untuk mengindari terserang penyakit khas musim hujan, paling enak menjaganya dengan minum minuman hangat khas Nusantara. Rasanya enak, badan pun jadi hangat. BandungKita.id telah merangkum 7 minuman hangat yang cocok menjaga staminamu saat musim hujan.

  1. Wedang ronde
Wedang Ronde (foto:net)

Wedang ronde merupakan bola-bola sagu berisi kacang. Terdiri dari air jahe panas, kacang sangrai, dan gula. Hmm, bikin badan dan tenggorokan jadi anget, nih!

2. Wedang uwuh

Wedang Uwuh (foto:net)

Wedang uwuh ini berasal dari Yogyakarta. Warna khasnya agak kemerahan yang didapat dari kayu secang. Terdiri dari pala, cengkeh, jahe, secang, dan kayu manis. Ah, segar banget kalau sudah meminumnya. Cobain, deh.

BACA JUGA :

6 Minuman Ini Sangat Pas Dinikmati Saat Cuaca Dingin atau Hujan

4 Minuman Sehat Ini Cocok untuk Memulai Hari Agar Lebih Semangat

5 Alasan Mengapa Minum Teh di Pagi Hari Baik Untuk Kesehatan

3. Wedang jahe

Wedang jahe (foto:net)

Nah, kalau yang satu ini merupakan bahan dasar dari wedang-wedang yang lainnya. Bedanya, wedang jahe tidak ada tambahan bahan lainnya. Cukup menambahkan jahe dan gula merah pada air panas. Flu gak bakal berani mendekat, deh.

4. Angsle

Angsle, minum hangat khas Jawa Timur (foto:net)

Kalau Yogyakarta punya wedang uwuh, Jawa Timur punya angsle. Bahan utamanya adalah santan, gula, dan beras ketan. Isiannya beragam. Ada roti tawar, mutiara, kacang sangrai, kacang hijau, kelapa, dan kolang-kaling. Biasanya dijual bareng wedang ronde.

5. Bandrek

Bandrek (foto:net)

Bandrek bisa dibilang “wedang jahenya” orang Sunda. Bandrek juga terbuat dari jahe dan gula merah. Bedanya, ada tambahan rempah lainnya seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam kampung. Sehingga ada sensasi pedas di mulut. Makin mantap ketika dinikmati dengan gorengan hangat.

BACA JUGA :

Kedinginan? Mandi Air Hangat Yuk, Ini 5 Khasiat Hebat Mandi Air Hangat

Ini Dia 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat di Pagi Hari

6. Bir pletok

Bir pletok (foto:net)

Bir pletok merupakan minuman khas Betawi. Meski namanya bir, minuman ini gak bikin mabuk, kok. Karena tidak mengandung alkohol sama sekali.

Terbuat dari aneka rempah, seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula manis. Kamu juga bisa menemukannya dalam versi kemasan. Jadi, tinggal seduh aja, deh.

7. Bajigur

Bajigur (foto:net)

Sama seperti minuman hangat di atas, bajigur juga berbahan dasar jahe. Ditambahkan gula aren, santan, garam, daun pandan, dan bubuk vanili membuat bajigur makin sedap. Sudah pernah coba belum?

Itulah 7 minuman hangat yang bisa menemani kamu saat musim hujan. Jangan lupa jaga kesehatan juga ya!(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment