by

9 Menu Sarapan Pagi yang Anti Ribet dan Gampang Dibuat di Rumah

BandungKita.id, TIPS&TRIK – Beberapa orang ada yang terbiasa untuk tidak sarapan di pagi hari, karena malas atau terburu waktu sehingga banyak yang melewatkannya. Padahal, sarapan di pagi hari sangat penting bagi tubuh karena dapat menunjang aktivitas yang akan kamu lalui.

Bahkan, orang-orang Jepang sangatlah mengutamakan sarapan di pagi hari. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, sarapan pagi juga bermanfaat bagi penunjang kerja otak lho.

Banyak orang berpikir pula bahwa sarapan pagi akan menghabiskan waktu. Akhirnya banyak orang yang mengambil jalan pintas dengan membeli fastfood atau makanan cepat saji.

Padahal, terlalu sering mengonsumsi fastfood tidak baik untuk kesehatan tubuh karena bisa dengan mudah menimbulkan beberapa macam penyakit seperti kolesterol.

Nah berikut ini adalah sajian atau menu sarapan pagi yang mudah dibuat dan juga menyehatkan bagi tubuh, di antaranya.

  1. Salad
Ilustrasi salad (foto:net)

Mengkonsumsi sayuran itu sangat baik dan dianjurkan. Oleh karena itu kamu enggak salah jika pilih salad sayuran sebagai salah satu menu sarapan sehat kamu.

Salad sayur atau buah-buahan cukup mudah dibuat karena tinggal mencuci bersih semua bahan, kemudian memotong-motong sayur dan buahnya saja. Selanjutnya campurkan minyak zaitun, mayones atau madu sesuai dengan selera kamu. Nah kamu juga bisa menambahkan chips atau taburan kacang maupun bawang bombay nih biar lebih nikmat.

2. Oatmeal

Oatmeal dan madu lulur (foto:net)

Menu oatmeal ini bisa kamu sajikan dengan cepat, praktis dan mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu menuangkan sedikit air panas atau memanaskannya sebentar saja di atas kompor. Selain cepat dan praktis, makanan berjenis oatmeal juga menyehatkan karena mengandung serat yang lumayan tinggi.

BACA JUGA :

Ini Dia 5 Menu Sarapan Sehat yang Bisa Disiapkan dalam 5 Menit Saja

Ini Dia Nutrisi dan 5 Menu Sarapan untuk Ibu Hamil yang Enak, Sehat, dan Mudah Dibuat

Nasi atau Roti : Manakah yang Lebih Baik untuk Menu Sarapan Anak? Ini Penjelasannya

Oatmeal juga mengandung berbagai manfaat, diantaranya adalah mengurangi obesitas, menurunkan kolesterol dan hipertensi atau darah tinggi, juga mengandung anti oksidan.

3. Sandwich

Sandwich (foto:net)

Bagi kamu yang gak punya banyak waktu untuk sarapan, bisa memilih sandwich sebagai solusi. Soalnya nih, menu yang satu ini bisa kamu santap saat perjalanan menuju kantor atau sekolah. Sandwich mudah dibuat kok. Cukup siapkan bahan-bahan utama seperti telur dadar maupun goreng, tambahkan selada, tomat, bawang bombay dan saus ke dalamnya.

4. Smoothie buah

Jus atau smoothies (foto:net)

Mau sarapan yang super simpel dan bisa dibawa kemana-mana? Smoothie buah aja! Enggak pakai ribet buat nyiapin menu yang satu ini. Cukup siapkan buah-buahan favorit kamu. Potong-potong semua bahan lalu blender dengan mencampurkan sedikit air tanpa ditambahkan gula. Nah gampang banget ‘kan? Smoothies buah bisa kamu simpan dalam tumbler dan langsung dibawa ke kantor deh!

5. Omelet

Ilustrasi omelet bayam (foto:net)

Omelet atau telur dadar bisa dengan mudah dibuat. Kamu pun bisa menambahkan berbagai macam campuran di dalamnya seperti sayur, cabai, ataupun bawang agar terasa lebih enak dan gurih. Gak butuh waktu lama untuk memasak menu yang satu ini. Yang pasti kamu tetap bisa sarapan sebelum sibuk beraktivitas.

6. Roti tawar

Roti tawar (foto:net)

Banyak roti yang sudah dikemas dan tinggal dimakan, tetapi lain halnya dengan roti tawar. Memilih menu yang satu ini memungkinkanmu mengolahnya sesuai selera. Mudahnya kamu bisa menambahkan selai, keju maupun susu sesuai dengan selera. Biar lebih mantap, panggang roti tawarmu dengan menggunakan toaster.

7. Segelas susu

Segelas susu (foto:hellosehat.com)

Yang satu ini boleh dibilang jadi yang paling simpel dari semua menu. Yup, segelas susu cukup kok jadi menu sarapan yang bakal memenuhi kebutuhan energi pagimu. Kamu bisa memilih susu segar atau kental manis misalnya. Soal pilihan rasa pun bisa disesuaikan dengan selera kamu.

BACA JUGA :

Kamu Harus Tahu! Ini 7 Menu Sarapan Sehat Bagi Penderita Diabetes

Jangan Lewatkan Sarapan Pagi, Ini 8 Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Sarapan Itu Kunci Hari yang Produktif, Ini Manfaat dan Panduan Sehatnya

8. Nasi pecel

Nah, ini nih menu sarapan yang Indonesia banget. Yup, nasi pecel sebenarnya juga tidak lama untuk membuatnya. Kamu tinggal mencuci sayur seperti kecambah, daun bayam, dan kacang panjang lalu merebusnya.

Terakhir, tambahkan sambal pecel yang sudah diseduh dengan air panas. Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat sebagai teman makan pecel. Namun, kalau kamu lagi diet karbo, sebaiknya hindari nasi putih dulu ya!

9. Tumis sayuran

Ilustrasi tumis sayuran (foto:net)

Cuma butuh 5 menit masaknya, kamu bisa sarapan tumis sayuran yang sehat. Tumis sayuran biasanya tidak akan memakan waktu yang lama untuk membuatnya. Kamu bisa menyiapkan dan mencuci bersih bahan-bahan sayuran favoritmu lalu menumisnya. Cukup gunakan bumbu-bumbu yang sederhana aja ya seperti bawang putih dan sedikit garam.

Nah gimana? Mau pilih menu apa nih buat sarapanmu pagi ini? Yang pasti, jangan pernah melewatkan sarapan karena ini adalah sumber energimu di pagi hari sebelum beraktivitas. Semoga bermanfaat Sobat BandungKita.id! (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : idntimes

Comment