Lebih Baik Minum Susu Dingin atau Susu Hangat? Ini Penjelasannya

BandungKita.id, HEALTH – Susu adalah salah satu minuman yang banyak digemari. Dalam segelas susu, terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, magnesium, kalsium, seng, vitamin D, dan kalium.

Namun, setiap orang punya kesukaan masing-masing saat meminumnya, ada yang suka susu dingin atau pun hangat. Meski begitu, ternyata keduanya punya manfaat tersendiri lho.

Dikutip dari Times Of India, berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki pada susu dingin atau pun yang hangat.

  1. Susu Hangat
  • Tidur menjadi lebih nyenyak: Salah satu manfaat dari mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur adalah bisa membuat tidur nyenyak. Susu mengandung asam amino yang bisa membantu untuk mendorong orang agar bisa tidur lebih baik. Asam amino ini akan aktif jika susu disajikan dalam keadaan hangat.
  • Bisa jadi obat flu: Minum susu hangat yang ditambah dengan madu ternyata bisa menjadi obat flu lho. Minuman ini memiliki efek anti bakteri yang bisa membantu meredakan penyakit umum tersebut.
  • Mengatasi keluhan PMS: Selama menstruasi wanita pasti mengalami banyak keluhan, seperti kram hingga sakit perut. Untuk mengatasinya, bisa dengan susu hangat yang dicampur dengan kunyit. Potasium pada susu bisa membantu meredakan kram, sementara kunyit bisa membuang racun yang ada di dalam tubuh.

BACA JUGA :

Sehatkah Hanya Minum Susu untuk Sarapan? Ini Penjelasan Ahli Nutrisi

Benarkah Tidak Boleh Minum Susu Saat Pilek atau Batuk? Ini Jawabannya Menurut Medis

Susu vs Yogurt, Mana yang Lebih Menyehatkan Tubuh? Ini Penjelasannya

2. Susu dingin

  • Membantu menurunkan berat badan: Pecaya atau tidak, mengkonsumsi susu dingin ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dalam susu dingin bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, minum segelas susu dingin juga bisa membuat kenyang lebih lama, jadi bisa menghindari ngemil yang tidak diperlukan.

  • Baik untuk kulit: Susu dingin yang dikemas dengan elektrolit bias membantu tubuh melawan dehidrasi. Ini akan membuat tubuh dan kulit tetap terdehidrasi serta bercahaya. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu dingin di pagi hari.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : detikhealth

Comment