by

Jangan Tidur Lagi, Ini 5 Aktivitas Bermanfaat yang Dapat Dilakukan Setelah Sahur

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Godaan paling besar setelah sahur dan salat subuh biasanya adalah langsung melanjutkan tidur, apalagi kondisi perut sudah kenyang dan terisi makanan. Akan tetapi, sebaiknya kebiasaan ini diubah dengan kebiasaan yang jauh lebih produktif dan bermanfaat.

Setelah sahur dan salat subuh, kamu sebenarnya punya banyak waktu untuk dimanfaatkan mengerjakan sesuatu yang produktif dibandingkan hanya tidur, lalu besok pagi kesiangan. Lagipula, waktu setelah subuh itu adalah waktu terbaik untuk memulai aktivitas karena otak dalam keaadan fresh.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan setelah sahur, tentunya masih di rumah dulu karena kondisi di luar masih belum stabil akibat wabah corona. Tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak segudang aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Buat kamu yang sedang cari ide aktivitas apa yang bisa dilakukan setelah sahur, simak artikel ini baik-baik. Dikutip BandungKita.id dari fimela, kali ini akan membagikan 5 rekomendasi aktivitas yang dapat dilakukan setelah sahur. Cek semua aktivitasnya berikut ini.

  1. Membaca AlQuran
Ilustrasi membaca AlQuran (foto:net)

Rekomendasi aktivitas pertama yang bisa kamu lakukan setelah sahur ialah membaca AlQuran. Setelah membaca AlQuran kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan membaca buku atau berita, atau dokumen apapun untuk mengisi waktu. Banyak penelitian membuktikan bahwa belajar atau membaca buku di pagi hari membuat seseorang lebih cerdas dan bahan bacaan yang dibaca lebih mudah masuk.

Apalagu jika kamu masih dalam periode sekolah atau kuliah. Maka, waktu setelah sahur adalah waktu yang cocok untuk membaca buku dan mempelajari materi pelajaran. Pastinya akan membuat kamu lebih semangat karena dapat membaca dalam kondisi tenang.

  1. Mendengarkan Murattal atau musik religi
Ilustrasi mendengarkan musik religi (foto:net)

Jika kamu tidak sempat membaca AlQuran, kamu bisa kok menyetel MP3 atau youtube bacaan AlQuran atau shalawat. Kalau pun tidak kamu bisa mendengarkan lagu-lagu religi atau tausiyah yang dapat dilihat dengan mudah di smartphone kamu.

BACA JUGA :

Selain Makanan Cepat Saji, Ini 3 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur

Makan Banyak Saat Sahur, Benarkah Bisa Menunda Lapar Selama Berpuasa?

Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur Bila Kamu Konsumsi 4 Makanan Ini

Kamu juga bisa sekalian menghafal surat-surat pendek dalam AlQuran. Buat kamu yang biasanya mengandalkan metode pendengaran untuk memahami sesuatu, aktivitas ini pasti sangat cocok untukmu.

  1. Membuat To Do List
Ilustrasi agenda kegiatan (foto:net)

Ketiga, rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan setelah sahur ialah membuat to do list. Waktu subuh hingga pagi setelah sahur, adalah waktu emas untuk membuat to do list karena kamu bisa merencanakan banyak hal dengan situasi yang tenang dan kondisi otak yang segar.

Aktivitas ini cocok bagi mereka yang memiliki sifat tekun, rajin, serta perfeksionis karena ide-ide brilian mudah muncul saat otak dalam kondisi baik. Kamu juga akan lebih produktif dalam merencanakan hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam satu hari penuh.

BACA JUGA :

Langsung Tidur Usai Sahur Ternyata Bahaya Lho Buat Kesehatan! Ini 5 Cara Mencegahnya

Sehatkah Sahur Cuma Minum Air Putih dan Dijadikan Strategi Diet?

Sahur Sering Makan Mie Instan? Awas, Ini Efek Sampingnya

Pastinya, membuat to do list di pagi hari akan memancing semangat yang lebih tinggi juga dibandingkan jika kamu membuatnya pada siang hari. Biasanya waktu pagi menuju siang pada saat puasa adalah jam-jam rawan mengantuk dan mulai merasa lapar karena biasanya mungkin pada pukul itu aktivitas kita adalah sarapan atau makan siang.

  1. Bercengkrama Bersama Keluarga
Ilustrasi berkumpul bersama keluarga (foto:net)

Keempat, rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan ialah bercengkrama dengan keluarga. Momen ini sangat tepat untuk berkumpul atau bercanda ria dengan keluarga di rumah karena mungkin biasanya setiap pagi kita sibuk bekerja atau beraktivitas lain.

Akan tetapi, jika kamu memanfaatkan momen setelah sahur untuk bercengkerama dengan keluarga pasti itu akan terasa hangat dan membahagiakan. Kamu bisa melakukan aktivitas di rumah bersama keluarga misalnya, dengan berbincang-bicang atau menonton tv bersama. Cara seperti ini juga efektif untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan.

  1. Olahraga Pagi
Ilustrasi olahraga pagi (foto: net)

Terakhir, rekomendasi aktivitas yang dapat kamu lakukan setelah sahur ialah berolahraga. Tentunya aktivitas ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kamu tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama, cukup lakukan 15-20 menit agar tubuh tetap sehat walaupun sedang berpuasa.

Mengingat saat ini wabah Covid-19 masih berlangsung maka, kamu bisa berolahraga di rumah saja. Cari jenis olahraga ringan yang cocok untukmu, tidak perlu yang berat-berat. Asalkan tubuhmu sudah bergerak kemudian, juga terpapar sinar matahari pagi yang menyehatkan, itu sudah cukup.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : fimela.com

Comment