by

Simak! Do’a Rasulullah SAW di Awal Tahun Baru Agar Penuh Keberkahan

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Selamat Tahun Baru 2021. Pada tahun baru ini tentu banyak pengharapan diinginkan. Didekatkan sama hal baik, dijauhkan dari hal buruk, kemudian juga didekatkan pada keberuntungan dan sebaliknya.

Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) yang masih melanda, masyarakat merayakan malam pergantian tahun ini dibarengi dengan doa-doa dan harapan. Awal tahun, tentu saja menjadi momentum untuk kita melihat diri sendiri tentang banyak hal yang telah terjadi selama satu tahun terakhir.

Dikutip dari NU.or.id, sebagai orang beriman amalan saleh setiap awal tahun bentuknya banyak, salah satunya membaca doa-doa kepada Tuhan agar tahun ini menjadi lebih baik daripada tahun sebelumnya.

Ternyata, Rasulullah Muhammad SAW memiliki doa-doa khusus yang dibaca di awal tahun. Nah, sekadar mengingatkan lagi, berikut ini doa-doa yang dibaca Rasulullah Muhammad SAW setiap awal tahun. Semoga tahun ini lebih baik!

BACA JUGA :

Doa Agar Diberi Rezeki yang Melimpah dan Barokah

7 Amalan Sunah Hari Jumat yang Dianjurkan bagi Umat Islam

8 Adab atau Amalan Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Berikut ini doa Rasulullah SAW di awal tahun seperti disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Doa awal tahun ini bisa dibaca sebanyak 3 kali dan dibaca sekurang-kurangnya sebelum waktu Maghrib. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment