by

Berikut 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer Dipelihara, Anda Berminat?

BandungKita.id, HOBI – Memelihara ikan hias bisa jadi alternatif pengisi waktu luang yang tepat di tengah pandemi seperti ini. Bagi pemula, bisa mencoba mulai jenis ikan hias air tawar. Media airnya pun mudah didapat sehingga memberi kemudahan ketika menguras dan mengisi ulang akuarium.

Selain memiliki beragam jenis, bentuk, corak, dan warna, ikan hias air tawar cukup mudah perawatannya dan tak begitu menguras kantong. Keunggulan lain, ikan hias air tawar tak memerlukan ruang yang luas sehingga fleksibel diletakkan di mana saja, bahkan di apartemen atau kamar kos sekalipun.

Berikut 10 jenis ikan hias air tawar yang cukup populer yang telah dirangkum BandungKita.id dari berbagai sumber :

  1. Ikan Cupang
Ikan Cupang. (foto : net).

Ikan hias satu ini tentu sudah tak asing didengar, Ikan cupang memiliki beragam variasi warna dan bentuk yang menarik perhatian, ikan ini juga mudah dipelihara. Cukup dengan botol keil yang diisi air, ikan ini tetap bisa hidup.

Urusan makanan, ikan cupang bisa diberi jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut yang merupakan panganan kesukaan dari ikan cupang ini. Namun karena memiliki sifat yang cukup agresif, ikan ini harus dipisahkan dengan ikan lainnya. Sebab jika tidak akan membuat ikan cupang beradu satu sama lain hingga membuat mereka mati.

  1. Ikan Louhan
Ikan Louhan. (foto : net).

Satu lagi jenis ikan hias air tawar yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia adalah ikan louhan. Ikan yang memiliki bentuk khas yaitu bagian depan kepala yang menonjol ini juga memiliki variasi warna beragam yang akan menarik.

  1. Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki (foto : net).

Ikan mas koki menjadi salah satu jenis ikan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Ikan mas koki memiliki tonjolan di kepala dan perutnya. Selain keunikan tersebut, ikan mas koki juga memiliki bentuk ekor yang unik.

Ikan mas koki cocok digabungkan dengan jenis ikan lain karena sifatnya ramah dan tidak agresif. Akan tetapi jangan mencampurkan ikan hias air tawar koi ini dengan ikan predator. Karena keagresifan ikan predator dapat membuat ikan koi mati karena stres.

  1. Ikan Koi
Ikan Koi. (foto : net).

Paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Tidak hanya bentuknya akan tetapi corak dari ikan koi yang unik menjadikan ikan ini bernilai mahal. Meskipun ukurannya dapat membesar, namun ikan koi ini termasuk ke dalam jenis ikan aquascape yang dapat dicampur dengan ikan-ikan lainnya dalam satu tempat.

BACA JUGA :

Wow! Bisnis Ikan Cupang: Pria di Cimahi ini Raup Omset Rp 1,5 Juta Sehari, Anda Berminat?

Cerita Heru, Banjir Order Ikan Cupang Gara-gara Musim DBD : Segini Penghasilannya Per Bulan

Pemkot Bandung Ajak Peternak Ikan Hias Dongkrak Sektor Ekonomi

  1. Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana)
Ikan Arwana Brasil (Silver Arowana). (foto : net).

Jenis ikan air tawar hias selanjutnya adalah Ikan Arwana Brasil. Ikan arwana ini mungkin yang paling sering anda temui, karena harganya yang cukup terjangkau. Ikan Arwana Brasil memiliki bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya.

Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 1 meter. Jenis ikan arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 2 juta.

  1. Ikan Discus
Ikan Discus. (foto : net).

Ikan discus memiliki bentuk tubuh yang berbentuk lingkaran yang pipih. Ikan ini memiliki sifat pemakan segala alias omnivora. Ikan discus memiliki karakter yang sama dengan ikan guppy yang mudah bersosialisasi. Ikan discus ini berasal dari sungai Amazon.

  1. Ikan Guppy
Ikan Guppy. (foto : net).

Ikan hias air tawar yang terindah ini bisa memilih ikan guppy. Ikan guppy memiliki karakter ekor yang menjuntai dengan warna-warna yang indah mencolok. Ikan guppy bisa menambah keindahan akuarium di rumah. Ada beberapa jenis ikan guppy yang paling populer yakni Blue Moscow, Black Moscow, Blue Japan, Metal Lace Thailand hingga Cobra yang memiliki motif mencolok.

  1. Ikan Manfish
Ikan Manfish. (foto : net).

Ikan hias air tawar terindah ini memiliki bentuk yang unik. Ciri-ciri ikan manfish ini berbentuk pipih dan siripnya yang memanjang serta mempunyai banyak warna. Ikan manfish cocok jadi penghias akuarium apalagi harganya terjangkau.

  1. Ikan Molly
Ikan Molly. (foto : net).

Ikan hias air tawar kecil ini bernama ikan molly. Ikan ini merupakan hewan omnivora yang cocok digabungkan dengan jenis ikan lainnya yang berukuran besar. Ikan molly cocok dicampur dengan ikan angelfish, ikan platy, swordtail dan juga tetra.

  1. Ikan Corydoras
Ikan Corydoras. (foto : net).

Ikan ini mirip seperti ikan sapu-sapu dengan ukuran 120 mm. Ikan ini memiliki karakteristik pendiam dan pemalu. Namun ikan corydoras ini mudah untuk bersosialisasi sehingga bisa dicampur dengan ikan hias air tawar lainnya. Ikan jenis ini masuk ke dalam kategori ikan yang mudah dirawat.

Sudah menentukan jenis ikan hias air tawar kecil mana yang akan Anda rawat? Namun sebelum memilih, sesuaikan dengan akuarium yang Anda miliki dan kriteria yang cocok bagi Anda. (*).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment