by

Varian Delta Covid-19 Masuk Jabar, Emil : Prokes Ketat Insyaallah Sembuh

BandungKita.id, Bandung – Kasus varian Delta Covid-19 telah terdeteksi masuk ke wilayah Jawa Barat. Tercatat ada sebanyak sembilan kota/kabupaten yang telah melaporkan adanya kasus varian Delta Covid-19.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Emil sapaan akrabnya mengatakan kesembilan kota/kabupaten tersebut yakni, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.

“Sasuk di Jabar sehingga kita harus berhati-hati karena daya tularnya 3-10 kali lipat. Varian Delta ini tingkat penularannya sangat tinggi,” ujarnya, Rabu 30 Juni 2021.

Dia mengatakan, untuk tingkat kematian atau fatalitas di Jabar saat ini berada di angka 1,37. Angka ini masih dibawah rata-rata angka nasional yakni 2,6.

Meski demikian, Emil meminta masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan juga pola hidup sehat. Hal ini merupakan kunci penting dalam rangkan menekan penularan varian Delta Covid-19.

“Simpulan saya yaitu menularnya cepat tapi mematikannya ternyata kalau dilawan dengan prokes yang ketat Insyaallah tidak akan tertular,” terangnya.

Baca Juga:

Tak Kantongi Izin, Videotron di Bandung Nekat Siarkan Iklan

Link Live Streaming Swiss-Spanyol 2 Juli 2021, Cek di Sini

Sapu Bersih 2-0, Three Lions Berhasil Taklukan Tim Panser di Euro 2021

Kasus Varian Delta Covid-19 di Bandung Raya

Untuk kasus varian Delta Covid-19 yang ada di Bandung Raya, Emil menjelaskan virus ini mulai menjangkiti usia muda. Bahkan berdasarkan laporan dari Rumah Sakit Borromeus Bandung, ada sejumlah pasien usia muda di Bandung Raya yang telah terjangkiti.

Meski demikian, katanya banyak dari pasien tersebut sembuh lebih cepat karena memiliki tingkat imunitas yang relatif lebih bagus dibandingkan usia dewasa.

“Semuanya cepet sembuh juga yang menandakan karena usia muda imunitasnya kuat maka sembuhnya cepat. Tapi karena Delta ini penyebarannya cepat maka mereka menjangkiti usia muda,” pungkasnya.. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Agus SN

Comment