by

Yuk Simak, Berikut ini Adalah Tips Mencegah dan Sembuhkan Flu

BandungKita.id, Bandung – Flu adalah infeksi virus pada tenggorokan dan hidung juga dikenal sebagai saluran pernapasan bagian atas Anda.

Dilansir laman Women’s Health seorang dokter keluarga di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, Adiba Khan, MD mengatakan, saat flu dan pilek menyerang, tubuh berada di bawah kekuasaan virus dalam beberapa saat.

“Banyak jenis virus dapat menyebabkan flu biasa, tapi penyebab paling umum adalah rhinovirus,” ujarnya.

Dilansir dari PMJNews, Deborah S Clements, MD mengatakan pilek asli biasanya tidak berbahaya, meskipun bisa memakan waktu hingga dua pekan bagi seseorang untuk merasa lebih baik.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencegah dan menghentikan flu secepatnya. , berikut beberapa di antaranya:

  1. Bersihkan Pelembap Udara

Kelembapan rendah membuat kering saluran hidung dan menghilangkan mikro-bug yang menetap di sinus Anda, yang akhirnya menyebabkan pilek. Atur pelembap udara dan pertahankan agar tetap menyala saat udara mulai terasa kering.

“Humidifier dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap. Selaput lendir kering di hidung menghambat kemampuan tubuh Anda untuk menjebak kuman saat mereka memasuki sistem Anda,” kata Amber Tully, MD, seorang dokter keluarga di Klinik Cleveland.

Pastikan Anda menjaga kebersihan pelembap udara. Pasalnya lingkungan lembab yang hangat dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

  1. Perbanyak Vitamin D

Penelitian menunjukkan orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin D jauh lebih mungkin menderita infeksi saluran pernapasan atas, menyebabkan batuk, tenggorokan gatal, atau hidung tersumbat, dibandingkan yang mengonsumsi vitamin dari sinar matahari.

  1. Jaga Kebersihan Tangan

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), ketika Anda bersentuhan dengan virus, virus itu dapat masuk ke sistem tubuh jika tangan Anda tidak dibersihkan dengan benar.

“Virus juga menyebar melalui kontak kulit ke kulit seperti jabat tangan,” kata dr Clements.

Saat melakukannya, pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang benar. Gunakan sabun dan gosok setidaknya selama 20 detik. Gunakan hand sanitizer jika Anda dalam keadaan darurat.

Baca Juga:

Gak Usah Panik! Berikut ini Solusi agar Tekanan Darah Anda Bisa Dikontrol

Simak! Prakiraan Cuaca Kota Bandung, Rabu 18 Agustus 2021

Jadwal Perpanjangan SIM Online Metro Indah Mall, Rabu 18 Agustus 2021, Cek di Sini

  1. Cari Waktu untuk Bersantai

Kelelahan dapat membuka jalan untuk penyakit. Stres menyebabkan tubuh Anda memompa kelebihan kortisol, hormon yang dapat melemahkan kemampuan sistem kekebalan Anda untuk melawan infeksi.

Untuk itu, jadikan relaksasi sebagai prioritas. Lakukan yoga, cobalah meditasi, berjalan-jalan setiap hari di alam, atau memprioritaskan waktu setelah bekerja untuk membuat makan malam bersama keluarga Anda.

  1. Tidur Cukup

JAMA Internal Medicine menemukan orang yang secara teratur tidur kurang dari tujuh jam, tiga kali lebih mungkin terserang flu dibandingkan mereka yang tidur delapan jam atau lebih setiap malam.

National Sleep Foundation merekomendasikan untuk setidaknya tujuh hingga sembilan jam per malam. (Tim BandungKita.id). ***

Editor: Agus SN

Comment