by

Jelang Musim Hujan, Warga Bandung Diperingatkan Ancaman Bencana Hidrometeorologi

BandungKita.id, Bandung – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan pada pertengahan Oktober 2021. Masyarakat diimbau waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu. Ia mengatakan, pada saat musim patut diwaspadai sejumlah ancaman bencana yang kerap melanda wilayah Bandung Raya seperti banjir dan longsor.

Terlebih, sambungnya ketika terjadinya peningkatan curah hujan yang cukup tinggi hingga 60 persen dari kondisi normal. Maka demikian, hal tersebut pun meningkatkan juga risiko bencana.

“Kondisi demikian akan meningkatkan juga peluang kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor,” katanya, Kamis (14/10/2021).

Ia menerangkan, wilayah Bandung tergolong rawan bencana hidrometeorologi karena kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh gunung dan juga bukit. Bahkan, elevasinya mencapai lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga

Bamperperda DPRD KBB Terima Usulan Dua Raperda

Waduh! Ratusan Buruh Geruduk Pemda KBB

“Selain itu, ada juga potensi bencana lainnya yang mengancam semisal hujan es dan juga angin kencang ataupun puting beliung,” terang Teguh.

Oleh karena itu, Teguh mengimbau kepada warga yang tinggal di wilayah dengan kondisi perbukitan serta di dekat aliran sungai agar waspada pada musim hujan. Hal ini untuk meminimalisir korban, apabila terjadi bencana.

“Masyarakat juga diharap tidak percaya hoaks dan selalu mencari informasi resmi kebencanaan yang dikeluarkan dari pihak yang berhubungan langsung dengan kejadian bencana,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei) ***

Comment