by

UMKM Jawa Barat Didorong Peroleh Sertifikasi Halal

BandungKita.id, KOTA BANDUNG – Bio Farma melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) komitmen untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK), melalui program bantuan Sertfikasi Halal bekerjasama dengan LPPOM MUI Jawa Barat untuk produk UMK yang berada di Bandung dan sekitarnya. Program ini dibuka dengan pelatihan kepada para peserta UMK, untuk sertfikasi halal yang dilaksanakan pada 12 Agustus 2022 di LPPOM MUI Jawa Barat.

Ketua MUI Bidang Ekonomi dan Produk Halal, H. Mustopa mengatakan, hal Ini merupakan langkah yang luar biasa dari Bio Farma kolaborasi dengan LPPOM MUI untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam mendukung UMK Jawa Barat melalui pelatihan dan pendampingan untuk memperoleh Sertifikasi Halal, untuk produk minuman, obat-obatan, kosmetik yang bersertifikat halal

“Kedepannya, kita harapkan akan ada kawasan-kawasan untuk kuliner halal dan kerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk membangun dan menciptakan nilai-nilai luhur bagi kemuliaan dan kemaslahatan masyarakat dalam mendapatkan makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik yang halalan tayyiban di Jawa Barat,” Ungkap Mustopa.

Sementara itu, Kepala Departemen TSJL, Sarmedi mengatakan, bahwa bantuan sertifikasi halal yang ditujukan kepada para pelaku UMK merupakan kepedulian program TJSL Bio Farma kepada pelaku UMK. Dan ini tentu sejalan dengan prioritas program TJSL di kementerian BUMN, di antaranya adalah untuk pengembangan UMK.

“Kami mendampingi para pelaku usaha dalam bidang makanan dan minuman, yang membutuhkan sertifikasi halal yang tujuannya adalah selain untuk meningkatkan ekonomi, dan juga sebagai tanggung jawab moral terhadap produk yang dipasarkannya. Mereka mendapatkan bantuan sertifikasi halal secara gratis dari TJSL Bio Farma, dan tentu ini juga sejalan dalam rangka mendukung program Masyarakat Ekonomi Syari’ah,” ungkap Sarmedi.

Beliau menambahkan, diharapkan kedepannya, mimpi TJSL Bio Farma yaitu terbentuknya kawasan wisata halal kuliner yang menjadikan binaan dari TJSL Bio Farma. Mudah-mudahan ini nanti menjadikan rencana yang akan kita laksanakan.” Ungkap Sarmedi.

Disamping itu salah satu Peserta UMK juga mengatakan dengan adanya bantuan sertifikasi halal yang diperoleh secara gratis dari Bio Farma ini semoga kedepannya kami para UMKM bisa berkembangan lebih maju dan luar biasa.

Comment