by

Jawa Barat Siaga 1 Bencana

BandungKita.id, Jawa Barat – Pemerintah Jawa Barat menetapkan status siaga satu waspada kebencanaan dimusim penghujan saat ini. Pasalnya, telah terjadi sekitar 2 ribu kebencanaan di Jabar sepanjang tahun 2022 ini.

“Jadi memang ini sudah musimnya setahun ada kurang lebih dua ribu kebencanaan, BPBD se-Jabar sedang siaga,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil)

Sejumlah daerah di Jabar yang dilanda bencana di antaranya Ciamis, Tasikmalaya, Sukabumi, Cianjur hingga Pangandaran. Mayoritas bencana yang terjadi di Jabar yakni longsor dan banjir.

“Contohnya ada longsor kan ada meninggal juga sudah ditangani di lapangan, mitigasi-mitigasi juga sedang dilakukan,” tegas Emil.

Sementara itu, Emil pun meminta masyarakat untuk terbiasa mengecek prakiraan cuaca di daerah masing-masing. Hal itu sebagai upaya mitigasi atau kesiapsiagaan masyarakat terutama saat ini dimusim hujan yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor.

“Jadi kita mengecek cuaca sekarang harus jadi kebiasaan. Nah cek cuaca sekarang harus menjadi budaya karena ekstremitas dari hujan hari ini tidak bisa diduga seperti dulu,” sahutnya.

Namun Emil memastikan hingga kini jumlah bencana yang terjadi di Jabar lebih sedikit dibandingkan September 2021 silam. Akan tetapi Emil meminta masyarakat untuk tetap waspada fenomena cuaca saat ini.

“Tapi sampai ke hari ini jumlahnya lebih sedikit dari tahun lalu per September jika dibandingkan. Mudah-mudahan sampai Desember enggak ada yang lebih parah lagi,” harap Emil.

Comment