by

Kebakaran Kantor Bapelitbang Kota Bandung, 6 Armada Damkar dan 5 Mobil PDAM Dikerahkan

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Sebanyak enam armada pemadam kebakaran (damkar) dan lima mobil tangki air berukuran 5.000 liter dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di Gedung Bappelitbang, Balai Kota Bandung pada Senin (7/11/2022).

Kebakaran terjadi sejak pukul 10.30 WIB. Tim pemadam dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) pun datang dan mulai melakukan pemadaman sejak pukul 10.50 WIB.

Baca Juga:

Gedung Bappelitbang Kebakaran, Wali Kota Bandung Hentikan Rapat

Ini Kronologi Kebakaran di Gedung Bapelitbang Kota Bandung

Waduh! Gedung Bappelitbang Kota Bandung Terbakar

Sedangkan para pegawai yang berdinas di Balai Kota Bandung nampak berhamburan keluar dan menyaksikan kebakaran dari sisi kanan kiri bangunan.

Kepala Diskominfo Kota Bandung, Yayan A. Brilyana yang saat itu tengah rapat di Balai Kota Bandung mengungkapkan, banyak dokumen yang diduga terbakar.

Video Pilihan:

“Tapi kita masih ada backup digital,” ujar Yayan.

Ia menambahkan, agar tugas-tugas tidak terbengkalai, semua berkas yang terselamatkan dan aktivitas sementara Bappelitbang akan dipindahkan ke Tamansari.

“Di sana kita punya bangunan bekas rumah ketua dewan. Pindah ke sana. Gedung yang terbakar ini akan langsung dibangun kira-kira 4-5 bulan,” ucapnya.

Barang-barang dinas yang berat kebanyakan tidak terselamatkan. Saat api muncul lalu terdengar bunyi letupan, semua pegawai langsung keluar.

“Korban tidak ada, hanya dokumen. Apar (alat pemadam api ringan) ada berupa manual yang sudah digunakan di awal,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Yayan mengatakan, Wali Kota Bandung telah menginstruksikan melalui Bagian Umum untuk mewasapai dan mengecek instalasi listrik secara berkala.

“Semua instalasi dicek, lalu apar juga harus dipastikan apakah bisa digunakan atau tidak,” imbuhnya.

Comment