by

Cegah Resesi, Warga Jabar Diajak Belanja Produk Lokal

Bandungkita.id, JABARKITA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua warga untuk optimistis menghadapi beragam tantangan di 2023, termasuk ancaman resesi.

Kang Emil — sapaan akrab Ridwan Kamil — meyakini Indonesia khususnya Provinsi Jawa Barat terhindar dari resesi yang diisukan datang tahun ini.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Gubernur berpesan kepada masyarakat agar belanja produk lokal serta mengunjungi objek wisata lokal. Sebab semakin tinggi tingkat belanja masyarakat di pasar lokal, maka roda perekonomian akan bergerak dan menggeliat kembali.

“Yang penting beli barang-barang dalam negeri. Kalau kita tergantung pada impor dinamika di luar kita gak bisa kontrol, itu yang jadi masalah resesi,” ujar Emil.

“Jadi jangan menahan belanja. Sok (silakan) belanja seperti biasa supaya bergerak (ekonominya), kateringnya, UMKM-nya toko-tokonya, tapi fokuskan barang dalam negeri,” tambahnya.

Mengenai inflasi di Jawa Barat, menurut Gubernur masih tumbuh dengan positif, kesenjangan dengan angka inflasi pun tidak terlalu jauh. Artinya kenaikan harga masih terkendali dan terjaga.

“Inflasi masih terjaga, kita kan ada sistem monitoring inflasi khsusnya harga sembako,” pungkasnya.

Comment