Ribuan PPPK Bandung Barat Dibekali Orientasi Etika dan Pola Kerja

BandungRayaKita, KBB70144 Views

Bandungkita.id, KBB – Sebanyak 2.118 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mendapat perbekalan berbagai materi usai dari Pemerintah Kabupaten Bandung Barat di Politeknik Negeri Bandung (Polban), Jalan Gegerkalong Hilir, Parongpong, Rabu (22/2/2023).

Kepala Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB, Agustina Pirganti mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan usai para PPPK teken kontrak dengan Pemda Bandung Barat. Penguatan materi tersebut pun dilaksanakan selama dua hari terdiri dari lima gelombang.

“Kegiatan ini dilaksanakan satu kali setelah berkontrak dengan pemda bandung barat. Yang mengikuti orientasi ini sebanyak 2118 orang, terdiri dari lima gelombang. Gelombang yang pertama 522 (orang] itu tenaga pendidik guru sekolah dasar. Kedua 521 (orang) masih sama (guru sekolah dasar). Gelombang ketiga 122 masih sama. Kemudian gelombang empat 491 itu guru sekolah menengah pertama (SMP), dan gelombang kelima 62 orang tenaga kesehatan yang akan mengisi pos-pos di rumah sakit ataupun puskesmas,” ujar Agustin.

Ia menuturkan, untuk kegiatan dua hari ini diikuti oleh gelombang 1, 2, 3 dan 4. Sedangkan untuk gelombang kelima yakni 62 orang tenaga kesehatan, akan dilakukan di area komplek Pemda Bandung Barat dikemudian hari.

Diakui Agustin, pada penguatan orientasi tersebut pun akan dibekali dari beberapa instansi sebagai narasumber diantaranya dari Bagian Administrasi Negara, BKPSDM, Sekretaris Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

“Ada juga dari unsur Polban serta unsur kewilayahan yang akan menjadi narasumber dalam orientasi ini. Adapun materi yang akan disampaikan kepada peserta adalah, pengenalan fungsi dan tugas ASN. Kemudian nilai dan etika di instansi pemerintah, pengenalan jabatan, pengenalan administrasi organisasi, serta penerapan asn di tempat bekerja,” ungkapnya.

Sementara itu Plh Sekda KBB, Asep Wahyu mengatakan, PPPK merupakan salah satu unsur yang penting bagi keberlangsungan roda pemerintahan di KBB. Atas dasar hal itu, para PPPK pun diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif terutama yang bersentuhan langsung dengan pelayanan masyarakat.

“Pertama adalah nilai nilai berakhlak yang intinya adalah bagaimana PPPK ini akuntabel dalam melaksanakan tugas, disiplin dalam melaksanakan tugas dan berorientasi untuk masa depan, memiliki loyalitas, dedikasi, memiliki kompetensi dan paham terhadap tantangan jaman yang sekarang harus diikuti dengan sangat amat bijak. Mereka akan ada di tengah tengah masyarakat,” ujar Asep Wahyu usai membuka kegiatan orientasi bagi PPPK tersebut.