Hujan Deras, Cisarua Diterjang Longsor

BandungRayaKita, KBB65364 Views

Bandungkita.id, KBB – Hujan deras yang mengguyur Bandung Raya termasuk Kabupaten Bandung Barat mengakibatkan longsor di Kampung Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua pada Selasa (28/2/2023) sekitat pukul 08.00 WIB. Bahkan longsor tersebut membuat arus lalu lintas terputus sementara.

Jalur utama penghubung Cisarua – Lembang tersebut tertutup material tanah serta pohon bambu.

Menurut petugas lapangan BPBD Kabupaten Bandung Barat, Suheri, longsor tersebut kemungkinan besar diakibatkan hujan deras yang terjadi pada Senin kemarin. Pasalnya hujan disertai angin kencang tersebut terjadi cukup lama, sehingga mengakibatkan tanah yang berada di tebing kawasan Cisarua tergerus air hujan.

Baca Juga:

Bencana dan Penanaman Modal Jadi Perda Baru di Kota Bandung

Akibat Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Pagar dan Taman di Komplek Pemda KBB

“BPBD, Polsek Cisarua, Babinsa Kertawangi bahu membahu menyingkirkan bambu yang menutupi jalan dengan alat seadanya, dan sekitar jam 9.30 WIB jalan sudah kembali normal dan di bisa di lalui dengan normal,” kata Suheri.

Ia menuturkan, tidak ada korban dalam kejadian longsor tersebut. Namun membuat arus lalu lintas macet total pada Selasa pagi.

“Sehingga arus lalu lintas macet total,” tegasnya.

Video Pilihan:

Longsor di Cisarua pun terjadi pada Senin kemarin sekitar pukul 05.00 WIB tepatnyandi Desa Tugumukti. Bahkan longsor sepanjang 29 meter tersebut pun mengakibatkan ruas Jalan Pasircalung – Cisarua terancam putus.

Kawasan tersebut pun rencananya akan dipasang karung berisikan pasir atau tanah untuk menahan debit air yang mengakibatkan longsor.